lampuDEMAK – “Sebanyak 125 unit lampu pintar dipasang di beberapa titik di wilayah Kabupaten Demak,” hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Demak Drs. Djoko Sutanto usai menandatangani serah terima aset Barang Milik Negara (BMN) Penerangan Jalan Umum (PJU) Retrofit dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (ESDM) di ruang rapat Bupati, selasa (30/1).
Wabup berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut di tahun berikutnya.
Sementara itu, Sekkretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak Masruh, SH. MH menjelaskan bahwa PJU Retrofit merupakan penggantian lampu konvensional atau lampu listrik dengan teknologi lampu Light Emiting Diode (LED). Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya efisiensi biaya karena konsumsi listrik lampu jenis LED dikisaran 90 watt.
Namun yang jelas, ungkap Masruh, adanya garansi jaminan lampu LED selama 3 tahun oleh pabrikan bisa menjadi nilai lebih. Dimana setiap 3 tahun tersebut pihak penyedia lampu LED untuk PJU itu akan memperbaiki dan mengganti bila ada yang mengalami kerusakan. Dengan demikian, Pemkab Demak tidak perlu repot menyediakan anggaran perbaikan lampu LED untuk PJU untuk kurun waktu tiga tahun.
Selain hemat, pencahayaan lampu LED bisa dikontrol melalui android yang sudah terhubung melalui aplikasi tertentu. “jadi terang gelapnya pencahayaan bisa dikontrol melalui android. Itulah kenapa lampu ini disebut lampu pintar,” terangnya.
“Adapun implementasi Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Kabupaten Demak dilaksanakan di beberapa titik meliputi jalan Kyai Singkil, Jalan Bhayangkara, Jalan Sultan Hadi Wijoyo, Sepanjang Jalan Demak- Dempet (Kadilangu), Jalan Pemuda dan sepanjang Jalan Kracaan-Kodim,” pungkas Masruh. (Humas Demak)