Menu Close

Program Beasiswa S2 Bagi PNS Demak

DEMAK – Bererapa program unggulan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Demak salah satunya yaitu Program Beasiswa Pasca Sarjana (S2) Bagi 500 PNS dan Tenaga Kependidikan. Beasiswa merupakan program unggulan Bupati untuk membantu PNS yang akan melanjutkan pendidikan formal ke jenjang S2 (Magister). Program tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi PNS melalui pendidikan formal pada jenjang tersebut.

Hal tersebut disampaikan Bupati Demak HM.Natsir pada acara Lokakarya Rancangan Peraturan Bupati Demak Tentang Pemberian Bantuan Biaya Pendidikan Program Magister Bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Acara digelar pada Kamis (6/7) bertempat di Gedung Bina Praja. Acara turut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Drs. Joko Sutanto, Sekda Dr. Singgih Setyono, M.Kes, para Asisten Sekda dan para kepala OPD.

Bupati menyatakan bahwa program itu sudah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Demak Tahun 2016-2021. Dalam proses penyaringan peserta, ada beberapa tahapan seleksi yang akan dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan. Setelah tersaring, peserta penerima bantuan nantinya akan terus dipantau pemerintah.

“Saya harapkan partisipasi aktif saudara sekalian dalam mendukung program pemerintah ini sehingga tercipta aparatur Pemerintah Kabupaten Demak yang berkualitas dan berkompeten di bidangnya yang berdampak pada pelayanan prima pada masyarakat,” pesan Bupati.

Sementara dalam sambutannya Sekda Dr. Singgih Setyono, M.Kes menyampaikan bahwa pendidikan merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengubah nasib menjadi lebih baik. Langkah bijak yang dilakukan adalah memberikan biaya pendidikan bagi 500 PNS pilihan ke jenjang pendidikan S2 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Jumlah tersebut sangatlah besar bila dari jumlah PNS di Kabupaten Demak yang sebanyak 7.800 orang. Setiap tahun ada pengurangan sebanyak 300 PNS yang pensiun, terutama guru SD. Bahkan di tahun 2018 makin banyak lagi yang pensiun, mengingat dulu pengangkatan PNS yang secara serentak maka, pensiun pun juga barsamaan. Sehingga di tahun 2018 akan banyak guru yang harus diisi dengan tenaga non PNS karena masih ada moratorium yang belum dicabut.

Sekda menambahkan, adanya program beasiswa magister akan menjadi peluang bagi PNS yang usianya masih cukup yakni dibawah 50 tahun. Diharapkan setelah lulus nanti masih bisa memberikan kontribusi positif bagi Kabupaten Demak dalam kurun waktu kira-kira 4 tahun masih menjadi PNS aktif. Proses seleksi akan mendahulukan bagi PNS dengan nilai tinggi. *(media center)

Bagikan