Menu Close

FGD Manajemen Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi

SEMARANG – Dewasa ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkembang dengan sangat pesat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses bisnis suatu organisasi, service provider hingga menjadi strategic partner. Tata Kelola TIK di Pemerintahan pada dasarnya berpedoman pada kerangka layanan good governmance dimana dari implementasi tersebut diharapkan dapat menciptakan laporan yang mengedepankan transparansi, efektivitas, efisiensi dan akseptabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan. Hal tersebut disampaikan Ka. Bidang TIK Dinas Kominfo Jawa Tengah Ahmad Syafillah, membacakan sambutan Ka. Dinas Kominfo Jawa Tengah saat membuka acara Forum Group Discussion (FGD) Manajemen Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pada kesempatan tersebut Dinas kominfo Demak turut sebagai undangan ,yang digelar Rabu (21/8) di Lantai IV Gedung Dinas Kominfo Jawa Tengan. Hadir pula Staf Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI, Ka. Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang, Direktur PT. Inixindo Yogyakarta dan seluruh perwakilan dari Kabupaten / Kota se-Jawa Tengah.

“Salah satu tujuan tata kelola TIK adalah untuk menyelaraskan setiap proses bisnis organisasi dengan teknologi informasi, sehingga implementasi teknologi informasi dapat memberikan manfaat sekaligus menjawab tantangan manajemen resiko yang terkait dengan teknologi informasi secara tepat. Disamping itu Tata Kelola TIK yang baik diharapkan bisa mendukung tercapainya sinkronisasi dan integrasi dari lembaga pemerintahan yang dapat memberikan nilai tambah yang signifikan pada pelayanan publik.”Jelas Syafillah

“Dinas Kominfo sebagai salah satu dinas yang mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam penyelenggaraan sebagian urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika, sebagai core business organisasi layanan Dinas Kominfo memanfaatkan dan memberdayakan penggunaan TIK sehingga keberadaan TIK menjadi salah satu factor utama penentu keberhasilan dari rencana strategis yang dapat memberikan nilai lebih dan menghasilkan inovasi-inovasi bagi Dinas Kominfo.”Lanjutnya.

Di akhir sambutannya Riena mengharapkan penggunaan TIK bisa menjadi key enabler terhadap peningkatan kinerja Dinas Kominfo serta munculnya kesadaran tanggung-jawab pengelolaan TIK dapat sebagai factor pendorong tersedianya konsep pengelolaan TIK yang tepat untuk meningkatkan optimalisasi fungsi TIK ke depan. “Melalui FGD Manajemen Tata Kelola TIK diharapkan dapat sebagai kerangka pengelolaan TIK sehingga tercipta keselarasan antara tujuan pengelolaan TIK dengan tujuan proses bisnis suatu organisasi.”Pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber yaitu Staf Direktorat Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo RI serta sesi tanya jawab dari para peserta. (mk)

Bagikan