Menu Close

Meski Ada Kendala Tol Semarang – Demak Tetap Dibangun Tahun Ini

DEMAK – Pembangunan Tol Semarang – Demak direncanakan akan dilakukan dalam waktu dekat ini ternyata masih menyimpan permasalan dengan pembebasan lahan. Sebab lahan yang dilewati tol sudah berubah menjadi lautan. Dalam aturan kondisi seperti ini tidak boleh dibayarkan uang gantinya. Namun dalam prosesnya bila kejaksaan tinggi propinsi jateng memutus dibayarkan tentu akan dilakukan pembayaran. Hal ini disampaikan oleh Asissten Ekonomi Pembangunan setda propinsi jawa tengah Peni Rahayu. Informasi yang disampaikan oleh media online tribun jateng ini juga menyampaikan bahwa pembayaran ganti untung lahan oleh propinsi sudah mencapai 50 persen dan saat ini sudah ada pemenang lelangnya. Sementara
Informasi lainnya yang bersumber dari akun face book PUPR, menginformasikan Pembangunan tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas dari Semarang ke arah Demak, hingga Gresik dan Surabaya. Selain itu, tol Semarang – Demak akan dilengkapi pelindung tanggul laut di pantai utara Kota Semarang untuk mencegah banjir rob yang kerap menggenangi di wilayah Genuk, Kaligawe, sayung dan sekitarnya.

Pembangunan jalan tol dengan nilai investasi sekitar Rp 15,3 Triliun ini ditargetkan akan berlangsung selama 2 tahun. Yang akan dimulai di bulan September ini. Sedangkan Pembangunan jalan tol Semarang-Demak membutuhkan lahan seluas 1.887.000 m persegi. (kominfo)

Bagikan