Menu Close

Keterbukaan Informasi sebagai Bentuk Pertanggung jawaban Pimpinan

DEMAK – Menyediakan serta melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi sebagai data untuk dapat diakses oleh masyarakat merupakan tugas pokok PPID. Pelayanan masyarakat atas sebuah informasi yang mudah, murah dan cepat merupakan komitmen pemkab Demak sebagai kabupaten informatif. Yang merupakan salah satu misi bupati untuk mewujudkan Demak sebagai kabupaten yang bersih, akuntabel, dan transparan. Hal ini disampaikan oleh ketua PPID utama Demak Agus Pramono dalam penyelenggaraan kegiatan Penguatan Kelembagaan PPID oleh Dinas Kominfo Demak di ruang Grhadika Bina Praja, Kamis (5/9).

Didepan peserta yang hadir para admin PPID dan kasubag program Agus mengatakan, ” Pelaksanaan UU keterbukaan informasi merupakan bentuk kepatuhan pemerintah kepada negara serta bentuk pertanggung jawaban pimpinan atas pengelolaan angaran yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat” jelasnya. Orientasi kegiatan desk ppid yang digelar berfokus pada ketersediaan informasi pada Open Data yang merupakan pusat data sehingga dapat digunakan dengan bebas serta pendistribusianya oleh siapa saja.

Dalam hal uni tugas Kominfo melalui PPID merangkum semua data dari seluruh OPD dalam satu Platform yang kolaboratif yakni open data. Untuk memenuhi kebutuhan open data Kominfo tidak bisa bekerja sendiri namun butuh bantuan dan kerja sama seluruh OPD yang ada melalui para admin untuk nemasukan datanya pada Open Data pungkasnya. (rdy)

Bagikan