Menu Close

Demak Alami Kemarau Panjang Tahun Ini

DEMAK – Informasi dari website BMKG menyebutkan Data yang ada pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, musim kemarau tahun ini diperkirakan lebih panjang dibandingkan tahun kemarin. Beberapa wilayah di Jawa Tengah bahkan ada yang akan mengalami hujan pada minggu ke dua di bulan Desember. Menurut BMKG, sebagian wilayah Jawa Tengah seperti Tegal, Brebes dan Pemalang, diprediksi akan mengalami musim hujan paling awal yakni pada minggu pertama Bulan Oktober. Sementara wilayah pantura seper Demak, kudus, jepara prakiraan minggu kedua bulan Desember.

Agus Nugroho LP kepala pelaksana BPBD Demak mengatakan “Terdapat 100 desa di empat kecamatan di Kabupaten Demak yang masuk peta kekeringan tahun ini”.
“Belajar dari kekeringan tahun kemarin, musim kemarau kali ini telah diantisipasi dengan membuat embung dan beberapa sumur bor. Selain itu aliran air dari waduk Kedung Ombo masih lancar,” jelasnya.
Ditambahkan Agus, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan berbagai instansi untuk mengantisipasi kekeringan, dengan pihak swasta dan badan usaha milik negara, untuk turut menyalurkan bantuan air bersih jika persediaan dari BPBD telah habis. (rdy)

Bagikan