Menu Close

Hari Hak Untuk Tahu

Demak- Tidak banyak masyarakat yang tahu bahwa hari ini Sabtu (28/9 ) merupakan peringatan Hari Hak Untuk Tahu. Dari Kemenkominfo hingga dinas kominfo propinsi hingga kabupaten/ kota mengunggah informasi tersebut melalui akun media sosial dan situs resmi yang dimiliki perihal 28 September sebagai Hari Hak untuk Tahu. Dari informasi unggahan dimaksudkan bahwa
hari ini diperingati guna meningkatkan kesadaran masyarakat atas hak dan kebebasannya dalam mengakses informasi publik. Masyarakat berhak untuk tahu segala bentuk informasi yang ada pada badan publik sesuai ketentuan yang berlaku.

Terkait peringatan ini Dinas Kominfo kabupaten Demak juga turut mengunggah Peringatan Hari Hak Untuk Tahu via Media sosial IG dan FB serta website yang dimiliki.
Untuk diketahui bahwa peringatan Hak Untuk Tahu telah dilakukan sejak tahun 2002. Dilansir dari situs ppid. kominfo.go.id menyatakan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia Right to Know Day (RTKD) pertama kali dirayakan di Ibu kota Bulgria, Sofia. Perayaan hari tersebut merupakan puncak dari gerakan open goverment dari negara-negara anggota Open Government Partnership.
Pendiri badan ini ada delapan negara, yaitu Brasil, Indonesia, Meksiko, Norwegia, Filipina, Afrika Selatan, Inggris dan AS.
Negara-negara anggota ini memiliki kesadaran bahwa setiap warga negara punya hak untuk mengakses informasi publik serta berkewajiban mengawal dan mengontrol hasil pembangunan.
Hari Hak untuk Tahu Sedunia merupakan momentum bagi badan publik untuk membuka diri dengan menjalankan kewajiban memberikan informasi. Bagi masyarakat, peringatan itu menjadi kesempatan baik menggunakan hak untuk mengetahui informasi dari badan publik yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup.(kominfo)

Bagikan