Menu Close

Night Market Krempyeng Kalikondang Wisata Belanja dan Kuliner Malam

Demak- Satu lagi wisata belanja dan kuliner bisa anda kunjungi saat berada dikabupaten Demak. Selain pasar krempyeng minggu pagi yang berada dijalan bhayangkara baru, kini bertambah satu lagi wisata Night Market atau pasar malam tepatnya di desa Kalikondang kecamatan Demak kota. Banyak masyarakat sekitar yang menyebutnya dengan pasar krempyeng malam minggu. Wajar bila mereka menyebut demikian sebab keramaian yang digelar setiap sabtu sore hingga malam hari atau malam minggu. Pasar krempyeng malam hari sudah berjalan 2 kali dibulan September ini menempati jalur lambat depan kantor PLN Demak hingga mendekati tugu batas kota. Para pedagang mulai menggelar lapaknya Sabtu sore pukul 16.30 hingga pukul 21.30 wib. Kebanyakan mereka merupakan penduduk sekitar dan juga pedagang pasar krempyeng minggu pagi. Kegiatan transaksi malam hari ini meskipun baru dilakukan 2 kali disetiap akhir pekan cukup menyedot perhatian warga. Hal ini terlihat ramainya pengunjung dan banyaknya lapak yang digelar. Kebanyakan yang ditawarkan berupa kuliner atau makanan meskipun ada yang menjual konveksi seperti gamis dan hijab serta mainan anak anak. Bu Lis salah satu penjual kuliner bebek dan ayam goreng mengatakan dirinya dan teman lainya merasa senang bisa memanfaatkan lokasi untuk jualan. Apalagi mendapat respon dari masyarakat dengan mendatangi tempat tersebut. Hal yang sama juga disampaikan ibu Suparti dengan gado gado Bledegnya yang laris manis. Tak kalah ramainya dengan lapak kuliner, lapak sepatu dan sandal milik joko juga dikerubut pembeli karena harganya yang tidak nguras isi dompet. Diketahui Lokasi yang sebelumnya merupakan jalur lambat dan jalur alternatif bagi warga setempat yang enggan memutar di oper boden pasar buyaran sebelumnya terlihat sepi dan remang remang, kini tampak terang dan ramai bila malam akhir pekan.
” Tidak lama lagi Night market ini bertambah ramai dengan beragam barang yang ditawarkan, sebab baru 2 kali berjalan sudah banyak yang mengunjungi dan ini merupakan kesempatan emas pagi pelapak pasar krempyeng minggu pagi sebab mereka bisa dua kali menggelar lapaknya” kata Andy Kurniawan warga setempat. Ditambahkanya bahwa kegiatan belanja malam hari ini bisa menjadi destinasi wisata belanja dan kuliner pada malam minggu, sebab di kota solo ada Night market pasar ngarsopuro yang hanya malam minggu dan minggu malam telah tumbuh menjadi destinasi wisata juga pungkasnya.
Keberadaan pasar krempyeng malam tentunya membawa dampak meningkatnya perekonomian masyarakat. Dampak positif lainya sebagai alternatif hiburan murah serta memecah keramaian pusat kota di alun alun Demak. Namun perlu adanya pengawasan dari pihak pemerintah terkait dengan penataan, kebersihan, keamanan. Dengan begitu diharapkan akan terkelola dengan baik sehingga dapat menjadi sebuah ikon wisata kota wali .(kominfo)

Bagikan