Menu Close

Batik Khas Demak Exsis dalam Peringatan Hari Batik

DEMAK – Ribuan ASN dan Siswa Sekolah di kabupaten Demak pada Rabu ini, (2/10) berseragam batik hal ini dilakukan untuk memperingati Hari Batik di Indonesia hari ini. Dalam mengenakan batik di hari peringatan ini khusus ASN Pemkab Demak memakai Batik Asli Khas Demak.

Untuk diketahui bahwa seragam batik khas Demak telah diberlakukan sebagai seragam resmi ASN Demak Sejak ditetapkan dalam peraturan Bupati Demak. Batik Khas Demak memiliki corak sesuai dengan budaya dan seni serta potensi lokal yang telah menjadi ikon di kota wali.

Corak khas batik Demak sangat mudah dikenali selain Masjid Agung Demak dan sisik ikan ( kulit ikan) Juga meletakkan dalam design batik Jambu Delima, jambu citra dan belimbing sebagai buah Asli potensi lokal. Peraturan yang mengharuskan oenggunaan batik asli Demak oleh ASN selain bertujuan mengenalkan produk juga dimaksudkan untuk memberi kontribusi secara ekonomi bagi perajin batik.

Terkait Peringatan Hari batik, banyak sekali unggahan media sosial dari warga Demak baik via FB, WA, IG yang mengucapkan perihal hari batik dengan beragam akting foto berbusana batik. Batik merupakan warisan budaya yang berkolaborasi dengan seni dan teraktualisasi diatas sebuah kain menjadikan Idonesia dikenal dunia dengan ragam budayanya.

Peringatan pertama kali hari batik di Indonesia Setelah ditetapkan Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 2 oktober 2009 setelah dinyatakan terdaftar dan diakui oleh badan dunia UNESCO. Selamat Hari Batik Nasional. (kominfo)

Bagikan