Menu Close

Lima Tahun Dibangun Pasar Mranggen Diresmikan

DEMAK – Pasar Mranggen yang merupakan pasar tradisional diresmikan Bupati hari ini Rabu(9/10). Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda, Sekda Demak, kepala OPD, tokih masyarakat dan paguyuban pedagang pasar.

Pasar yang mulai dibangun tahun 2014 ini menelan anggaran 80 milyar,
dari bantuan APBD 71,5M, APBD Propinsi 8,9M. Pasar rakyat berkonsep modern berlantai 2 ini menempati lahan seluas 12.000 m2. Dengan jumlah kios 1.283 meliputi
Lantai 1 dengan 664 kios dan Lantai 2 berjumlah 619 kios

Sebelum diresmikan acara dawali dengan istighotsah dan dia bersama memohon kebaikan, keselamatan dan keberkahan yang dikuti tamu undangan dan yang hadir dilokasi.

Dalam sambutan peresmian Bupati HM. Natsir berpesan supaya merubah stigma masyarakat tentang pasar tradisional. Tidak ada lagi pasar tradisional yang kumuh, bau dan tidak aman. Pasar tradisional yang ada di Demak adalah pasar tradisional dengan konsep modern. Dimana masyarakat dan pedagang bisa bertransaksi dengan nyaman. Untuk itu bagi pedagang dam pengunjung yang bertransaksi bisa menjaga kebersihan dan memanfaatkan pasar dengan benar.

Sementara Kepala Dindagkop dan UKM Demak Siti Zuarin mengatakan
” Pasar ini juga dilengkapi dengan fasilitas kantor pasar, ruang metrologi,mushola serta tempat bermain anak dan juga tempat bongkar muat yang luas serta tempat parkir yang memadai, fasilitas lainya ada pula sanitasi dan tempat sampah” Dijelaskannya, Pasar Mranggen dibangun 6 tahap mulai 2014 sampai dengan 2019 dengan menghabiskan anggaran Rp. 80,3 Milyar, pungkasnya (kominfo).

Bagikan