Menu Close

Pokoke Gas Pol Menuju Uji Publik

Demak- Komisi Informasi propinsi Jawa Tengah dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Demak menandatangani Berita Acara Visitasi yang dilakukan KI pada PPID Utama Selasa (22/19) di aula dinas tersebut. Penandatanganan dilakukan oleh Komisioner KI Slamet Haryanto dan Endah Cahyarini selaku Ka Dinas Kominfo disaksikan Ka dinas kesehatan, Ka dinas DikBud , Direktur RSUD SUKA dan PPID desa atas dilakukanya monitoring dan evaluasi pada tahapan pemeringkatan PPID. Visitasi yang merupakan tindak lanjut atas tahapan pengisian SAQ dilakukan untuk pengecekan kebenaran secara riil dilapangan.

Dalam acara tersebut Endah Cahyarini menyampaikan paparanya di depan tim Komisioner dan staf KI serta PPID Pembantu dengan slogan ‘ Pokoke Gas Pol ‘ yang artinya totalitas dalam menciptakan kabupaten informatif. ” Ada beberapa langkah yang dilakukan untuk mengiringi pokoke gas pol yakni adanya layanan prima, tersedianya SDM prima, tersedianya Sarana Prasarana yang memadai, didukung dengan pembiayaan, tersedianya informasi yang lengkap, proses pelaksanaan dan adanya out put” papar Endah.

” Perlu diketahui PPID Demak tahun lalu sangat beda jauh dengan tahun 2019 ini, ada perubahan secara signifikan di PPID kita. Indikatornya yakni website perminggu melahirkan 200 berita, Menu PPID tersaji dengan banyak tampilan, Dulu ada rasa was was bila ada pemohon informasi namun sekarang kita serahkankan informasi dengan ihklas dan santai dan Demak sudah terbuka untuk siapapun ” We are open ” sehingga dalam kurun waktu 9 bulan ditahun ini website PPID sudah dikunjungi 68.224 kali ” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Slamet Haryanto memberikan pertanyaan apakah ada dukungan riil dari pemerintah untuk terlaksananya PPID Demak baik materiil maupun moril. Sebab dengan adanya dukungan yang inten dari Pimpinan Daerah akan memberikan poin tambahan tersendiri. Yang artinya PemKab serius menjalankan amanat UU KIP.
” Dukungan Penuh telah dilakukan oleh pimpinan Daerah Serta Sekda selaku Atasan PPID dengan koordinasi ,konsultasi dan komunikasi selain itu tersedia anggaran murni APBD ditahun ini dan ditahun depan juga telah dianggarkan intensif/honor untuk admin PPID 42 OPD” jawab Endah.

Slamet juga menyampaikan untuk memasuki tahap akhir pemeringkatan yakni Uji Publik, PPID Demak harus mendapatkan nilai 80 atau masuk kategori menuju informatif. Adapun jadwal Uji Publik dilakukan satu bulan kedepan setelah visitasi. ” Untuk menentukan peringkat berdasar dari akumulasi nilai yang dihasilkan pada tiap tahapan dari awal sampe tahap 4 uji publik dan semoga Demak layak untuk di uji publik bulan depan di Unisula Semarang” jelas komisioner KI tersebut. ( kominfo)

Bagikan