Menu Close

Limbah Sampah menjadi Berkah

DEMAK – Sebanyak 70 peserta studi banding yang terdiri dari perwakilan OPD terkait, perwakilan sekolah adiwiyata, pengelola bank sampah, perwakilan desa penggiat lingkungan dan beberapa penggiat lingkungan mandiri. Sasaran Study banding TPST Doplang Boyolali dan Butik Daur Ulang jogyakarta. Kegiatan yang dimotori Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Demak dalam rangka pelaksanaan Anggaran DBHCHT berlangsung 2 hari 25-26 oktober.
Terkait oemanfaatan limbah Kepala bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Kurnia Zauharoh mengatakan semua berawal dari yang kecil, kepedulian kita terhadap sampah di sekitar dimulai dari diri kita, dari rumah kita, kemudian ke lingkungan kita. Termasuk salah satunya mengurangi penggunaan plastik.
Inti dari kegiatan ini adalah bagaimana untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap kebersihan lingkungan dari semua aspek masyarakat.

Sementara saat dilokasi Kepala Dinas LH Demak, Agus Musyafak menyampaikan tujuan kita ke TPST Doplang untuk ngangsu kawruh pelatihan pembuatan pavling blok dari limbah sampah bersama para penggiat sampah dari Kab.Demak.

Sedangkan Pengelola KSM Kampung Asri TPST Doplang, Sarjono memberikan tips motivasi Jangan pakai lagi kata kata “BUANGLAH Sampah pada tempatnya” tapi diganti “LETAKKAN Sampah di….” jadi itu akan menaikkan derajat sampah menjadi sesuatu yg bisa dipakai lagi. Pada kesempatan tersebut juga diberikan Pelatihan membuat pavling blok dengan merek dagang “paving bergaransi” dan “batu cantik (batu candi plastik)”.
Kedua barang ini dibuat dari limbah plastik yg sudah tidak bernilai, sudah tidak berharga jika dijual.
Sampah plastik ini dicampur dengan abu batu sehingga memiliki sifat yg hampir sama dengan paving pd umumnya. Kelebihan paving ini adalah lebih awet, bergaransi, tidak ditumbuhi lumut,tidak licin, tidak memerlukan finishing untuk tampak cantik. Paving blok dijual dg harga 5000/pc. Untuk mmbuat 1paving plastik,dibutuhkan 3kg sampah plastik. Bisa dibayangkan jika sampah kita selama berapa bulan bisa diatasi dgn cara ini. Paving ini anti terbakar, anti terapung saat hujan/banjir. Selain pembuatan paving blok juga disampaikan tentang cara pembuatan sabun penghilang noda dari minyak jelantah. (kominfo_rny)

Bagikan