Menu Close

Hadapi MT I TNI Pastikan Ketersediaan Pupuk Di Penyalur

Demak – Pelibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam Program Upaya Khusus (UPSUS) percepatan peningkatan produksi pangan tidak dipermasalahkan. Hal itu sejalan dengan peran TNI dalam menjaga pertahanan nasional.
Pelibatan TNI merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari membangun ketahanan pangan dan ketahanan nasional sehingga tidak ada yang salah dalam mendukung kedaulatan pangan. Dasar hukum pelibatan peran TNI sudah diatur dalam UU No 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara, UU No 34 tahun 2004 tentang TNI dan Inpres No 5 tahun 2011 tentang Pengamanan Produksi Beras Nasional.

Untuk itu Kodim 0716 Demak melalui Babinsa Koramil 13 Karangawen dalam menghadapi Musim Tanam Pertama ( MT I ) mengecek ketersediaan pupuk subsidi di penyalur yang bertempat di Bapak Mawardi Dukuh Curuq Rt 01/04 Desa Margohayu Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak, Senin (04/10).

Pengecekan di lakukan Babinsa Sertu Muntahar menjelang masa tanam pertama,guna memastikan apakah tersedia atau tidak maupun dengan stok yang kurang, disamping itu juga harganya sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah, tidak mengalami kenaikan karena pemerintah telah mensubsidi pupuk kedistributor tepat waktu.
Dengan adanya pupuk yang sudah tersedia dengan cukup maka masa tanam tidak akan mengalami kesulitan dalam masa tanam pertama.

Dalam kesempatan itu Sertu Muntahar mengatakan bahwa Kegiatan pengecekan dan pendataan pupuk bersubsidi bertujuan untuk mengetahui apakah persediaan dan penyaluran pupuk bersubsidi telah sesuai pendistribusianya serta peruntukannya kepada para petani yang ada di wilayah Desa Margohayu dan sekitarnya, Ungkapnya.

Terpisah Danramil 13/ Karangawen Kapten Arm Imam S , mengatakan, “Dengan adanya pengawasan oleh Babinsa diharapkan untuk penyaluran pupuk terutama pada saat musim tanam petani tidak mengalami kesulitan dalam mencari pupuk dan harga pupuk sesuai dengan yang ditetapkan oleh pemerintah. Dan penyaluran pupuk sesuai alokasinya, ini juga untuk mencegah apabila ada oknum-oknum yang berusaha berbuat curang dengan tindakan penimbunan maupun penyelewengan terhadap pupuk bersubsidi,” Ujarnya.

Sementara Mawardi sebagai penyalur pupuk bersubsidi menegaskan bahwa, pihaknya selalu mematuhi prosedur tentang penyaluran pupuk bersubsidi kepada petani wilayah Desa Margohayu Kecamatan Karangawen, Pihaknya hanya melayani Kelompok Tani dibawah tanggung jawab penyalurannya sesuai Jumlah alokasi dari distributor sudah disesuaikan dengan jumlah kebutuhan dari para petani atau kelompok tani yang membutuhkan pupuk bersubsidi,tukasnya.(pendim/kominfo)

Bagikan