Menu Close

Kominfo Demak Ikuti Pameran dan Evaluasi Masterplan dan Quickwin Smart City

Jakarta-Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Demak beserta 99 Dinas kominfo kabupaten lain seluruh Indonesia diundang untuk menghadiri kegiatan pameran dan evaluasi masterplan dan quick win Smart City dijakarta yang berlangsung 2 hari tanggal 4-5/11 di Balai Sudirman. Kegiatan ini digelar menyusul Gerakan menuju 100 Smart City yang telah dilaksanakan secara bertahap dari tahun 2017-2019. Adapun kabupaten Demak masuk dalam 25 kabupaten terakhir dari 100 kab/kota terpilih.

Kepala Dinas Kominfo Demak Endah cahyarini hadir secara langsung didampingi Kabid InSand Harso Gutomo saat dihubungi mengatakan, ” kegiatan ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah pusat kepada pemerintah kab/kota dalam pelaksanaan Smart City, adanya gerakan menuju 100 Smart city ini diharapkan akan ada 100 kota/ kabupaten yang nantinya akan di jadikan teladan ( role model) dalam pelaksanaan program Smart City” jelasnya.

Acara yang dibuka oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate terselenggara berkat kerja sama lintas kementrian yakni kemenkominfo, kemenDagri, KemenKeu, Kemen PAN&RB, kemen PPN/ Bappenas, Kemen PUPR dan kementrian Koordinator bidang Perekonomian serta kantor staf Presiden dan pihak Kompas Gramedia bertujuan mengadakan pameran untuk mempresentasikan pencapaian masterplan dan implementasi program Smart City sebagai sarana pembelajaran antar kota/ kabupaten diseluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Johnny menyampaikan bahwa, “Smart city adalah segala sesuatu tentang melayani masyarakat dengan lebih baik”.

Lanjutnya, Sebagaimana arahan Bapak Presiden, “Pemerintah harus hadir dimanapun”. Ini dapat kami maknai bahwa Kominfo harus hadir dimanapun untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan terciptanya Kabupaten/Kota cerdas. Dengan perkembangan TIK yang sangat cepat kita harus mampu menganalisa masalah dan tantangan yang dihadapi guna merumuskan program pembangunan yang tepat untuk optimalisasi peran TIK di tanah air.

Beberapa program andalan masing masing kab/kota yg ditawarkan antara lain
E-voting pilkades di boyolali dan
SiteriLapar (sistem terintegrasi layanan administrasi pasien rawat jalan) oleh kominfo kabupaten boyolali jawa tengah.
SiskiaProCantik dari dinas kesehatan Kab. Probolinggo Jawa Timur dan
JurusAK3 dari dukcapil.
Sedangkan GapuroSantri dipamerkan dari dinkominfo kabupaten gresik.(kominfo)

Bagikan