Menu Close

Disiapkan Tenaga kerja Mandiri untuk Mengurangi Angka Pengangguran

Demak- Program tenaga kerja mandiri menjadi salah satu program unggulan Kementerian Tenaga Kerja RI untuk memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja formal dan informal. Program ini menjadi upaya untuk mewujudkan pembangunan bidang ketenagakerjaan yang kuat, inklusif dan berkelanjutan. Untuk itu Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian kabupaten Demak bekerja sama dengan kementrian Ketenaga kerjaan RI melalui Direktorat penempatan Tenaga Kerja Dalam negeri mengadakan kegiatan pembekalan ketrampilan tata boga.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari didesa Balerejo kecamatan Dempet diikuti 20 orang perempuan purna pekerja migran Indonesia maupun kelurganya. Kepala Dinakerin Bambang Saptoro melalui kabid Binapentra dan Lattas Bram Irianto menyampaikan ” kegiatan pembekalan penciptaan wirausaha baru melalui tenaga kerja mandiri desmigratif bertujuan memperluas kesempatan kerja dan mengembangkan kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada skala mikro dan kecil maupun menengah”.
” Bertujuan pula membangun dan mengembangkan motivasi, inovasi masyarakat untuk mengelola potensi sumber daya lokal dan diharapkan mampu mengurangi angka pengangguran dan membantu peningkatan ekonomi keluarga” jelas Bram Irianto.

Dengan adanya wirausaha akan menjadi motor penggerak ekonomi sehingga diharapkan nantinya dapat menjalankan usahanya dengan niat dan semangat agar kelak dapat mandiri dan berhasil. Sementara dalam pelatihan ketrampilan ini peserta diberikan materi praktik cara membuat aneka olahan kue dengan berbahan dasar jagung, singkong, pisang dan teori oleh instruktur yang memiliki kompetensi dibidangnya.(kominfo)

Bagikan