Menu Close

Perangi terhadap Hoax sebagai Tema Theatrikal Budaya Kerja

Demak-Informasi hoax atau berita bohong menjadi tema dalam pagelaran theatrikal oleh dinas Kominfo Kabupaten Demak bertempat di Penudop, Senin (25/11). Pagelaran theatrikal budaya kerja diikuti 13 OPD yang masuk dalam 13 besar menyusul telah dilakukanya penilaian lomba budaya kerja beberapa waktu lalu.
Tema hoax yang disampaikan oleh Dinas Kominfo merupakan bentuk sosialisasi kepada publik untuk lebih waspada dan selektif atas beredarnya informasi. Arus informasi yang tak terbendung lagi seiring perkembangan tehnologi Informasi sering disalah gunakan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu.

Kepala Dinas Kominfo Demak Endah cahyarini mentampaikan, ” tema hoax sangat perlu untuk diangkat dalam sebuah theatrikal, sebab peredaran berita hoax sudah sangat meresahkan masyarakat bahkan cenderung memecah belah persatuan bangsa”. ” Penampilan drama theatrikal ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, hal ini selaras dengan tugas kominfo yang menyampaikan informasi dan sosialisasi menggunakan media tradisional melalui Forum Komunikasi Media Tradisional selama ini” jelas Endah.

Ditambahkan bahwa masyarakat khususnya pengguna android untuk lebih waspada dan hindari 3 Asal, asal klik, asal membagi dan asal menerima berita, untuk menghindari tersebarnya berita bohong.
Sementara itu 13 peserta yang tampil dihadapan 3 juri dari BPKP, Biro Orpeg Propinsi dan Widyaiswara dari propinsi jateng meliputi BKPP, Dinas Kominfo, puskesmas wedung 2, BKPP, Disnakerin, DINPMPTSP, kecamatan Bonang, Puskesmas Karangawen 1, kecamatan Karanganyar, Dinperpusar, Sekretariat Daerah, Dinas kesehatan, Puskesmas Bonang 2, kecamatan Demak.
Adapun hasil penilaian “Budaya Kerja Yang Smart, Pilar Demak Hebat” untuk
kategori OPD Dinas Kominfo diposisi peringkat kategori sangat baik 5.(kominfo)

Bagikan