Menu Close

Rawan Bencana di Demak, Warga Waspadai Musim Hujan

Demak- Memasuki musim penghujan di bulan Desember ini masyarakat untuk lebih waspada, terutama diwilayah yang rawan akan bencana.
Musim hujan telah memasuki beberapa wilayah Indonesia termasuk kabupaten Demak setelah kemarau panjang melanda, bahkan hujan disertai angin kencang dan kilat terjadi di beberapa daerah.
Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terus mewanti-wanti masyarakat untuk waspada, terlebih yang beraktivitas di luar ruangan.

Informasi yang dihimpun dari situs BPBD Demak dalam kurun waktu 10 hari dibulan Desember 6 kejadian bencana diwilayah Demak dimusim penghujan ini. Yang di akibatkan hujan yang disertai angin kencang. Selain mengakibatkan kerusakan puluhan rumah,madrasah bahkan korban jiwa serta banyak pohon turut tumbang. Korban jiwa bernama Masrukin(56) warga desa Sriwulan Sayung yang terkena pecahan kaca saat hujan lebat dan angin kencang dirumahnya.
Kejadian bencana hujan angin yang tercatat dan dilaporkan pada tanggal (8/12) melanda kecamatan Sayung meliputi desa Sidogemah dampak dari hujan dan angin kencang merusak 10 rumah warga pada bagian atap yang berbahan asbes dan galvalum. Adapun kerugian masing masing korban berkisar 1 hingga 3 juta rupiah. Sehari berikutnya Senin (9/12) bencana yang sama kembali terjadi di desa Kalisari mengakibatkan 3 pohon tumbang menimpa rumah Imam muhsin dan Samsuri dengan kerusakan ringan. Sedangkan didesa Bedono 6 unit rumah dan 1 bangunan madrasah dengan total kerugian kurang lebih rp.50 juta.

Sementara dihari Selasa (10/12) hujan disertai angin kencang puting beliung kembali menyasar rumah warga Ibu Jeminah binti kamdan, 55 tahun Dukuhh Noreh Rt.04/.09, Desa Wonosekar, Kec. Karangawen. Hujan dan angin merobohkan bangunan rumah miliknya yang sebagian besar berbahan kayu dan bambu hingga rata dengan tanah.
Suprato petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah kab. Demak saat dihubungi mengatakan selain melakukan evakuasi dan mendata korban juga akan berkoordinasi dengan instansi lain untuk segera mendapatkan bantuan, dan bagi masyarakat yang berdampak bencana untuk segera melaporkan kejadian ke BPBD agar secepatnya dilakukan tindakan oleh petugas dengan nomor telpon 0291 682200 atau bisa mendatangi alamat kantor jln. Bhayangkara Baru no 15 Demak. ( kominfo)

Bagikan