Menu Close

Ruang Command Center dari Aduan Masyarakat Hingga Layanan Darurat Diresmikan

DEMAK – Pemerintah Kabupaten Demak kini memiliki ruang Command Center yang pengoperasianya dibawah Dinas Komunikasi dan Informatika. Ruang yang berlokasi di lantai l Gedung Wakil Bupati Demak telah diresmikan penggunaanya oleh Bupati HM. Natsir pada Minggu (15/12) dengan ditanda tanganinya prasasti di halaman RSUD Sultan Fatah Karangawen. Peresmian Command Center dilakukan bersamaan dengan Peresmian RSUD tersebut beserta 5 sarana Publik lainya.

Command Centre yang dimiliki Pemkab Demak ini dibangun berbasis tehnologi modern guna melayani masyarakat dengan mudah, murah dan cepat. Command center merupakan fasilitas yang dirancang untuk menampilkan data dari berbagai sumber secara simultan sehingga mempermudah akses dan pengolahan data. Pada command center, salah satu fungsi terpenting adalah untuk menampilkan semua data dari setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah) secara real time sehingga Kepala Daerah mampu mengetahui kondisi daerah yang dipimpinnya dan nantinya dapat mengambil satu keputusan yang tepat dan cepat.

Kepala Dinas Kominfo Demak Endah Cahyarini disela sela acara peresmian mengatakan, ” Command Center yang ada dilingkungan sekretariat daerah ini menyediakan data dan Informasi sebagai dasar pimpinan Daerah mengambil kebijakan. Beberapa aplikasi di kabupaten Demak telah tersedia pada dashboard Command Center sedangkan layanan data sudah terkoneksi dalam satu data”.
” Tersedianya data dari seluruh OPD dapat diakses melalui menu PPID, pantauan layar CCTV, aduan masyarakat dan pelayanan Demak Siaga 112 (call center) sebagai layanan darurat masyarakat tersedia disini” pungkasnya.

Diketahui bahwa kabupaten Demak telah terpilih dalam Gerakan 100 Smart City di Indonesia selain itu beragam penghargaan telah diraih oleh Demak terkait dengan kota pintar dan sebagai kabupaten Informatif. (kominfo )

Bagikan