Menu Close

Visitasi Kemenkominfo Untuk Kesiapan Call Center 112 di Kabupaten Demak

DEMAK – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membuat layanan call center tanggap darurat 112. Layanan ini berfungsi untuk melayani warga dalam situasi darurat seperti 911 yang dimiliki Amerika Serikat. Demikian juga di Kabupaten Demak akan menerapkan layanan call center 112 pada tahun 2020 dan direncanakan akan dilaunching pada pertengahan Januari 2020. Demi kesiapan hal tersebut maka Kemenkominfo melakukan visitasi di Kabupaten Demak sebelum menerapkan call center 112.

Bertempat di ruang command center rombongan dari Kemenkominfo yang dipimpin oleh Kepala Seksi Perencanaan Insfrastruktur Telekomunikasi Pita Lebar Agung Setyo, diterima langsung Ka. Dinas Kominfo Kabupaten Demak Endah Cahyarini akan melakukan visitasi kesiapan Call Center 112 di Kabupaten Demak, Kamis (19/12).

“Untuk membuka akses layanan 112 pemda harus mempersiapkan infrastruktur, SDM dan mitra OPD yang menangani kebencanaan. Selain itu perlu juga regulasi seperti Peraturan Bupati beserta SOP tentang layanan 112”. Jelas Agung.

Agung juga menambahkan kemenkominfo akan berkoordinasi dengan operator seluler untuk membuka layanan 112 di Kabupaten Demak Setelah persyaratan tersebut sudah siap dan waktu yang dibutuhkan sekitar 2 minggu.

Menanggapi hal itu Ka. Dinas Kominfo Demak menyatakan bahwa call center 112 nantinya akan disandingkan dengan layanan 119 milik Dinas Kesehatan, sehingga nantinya bisa berkolaborasi dalam melayani laporan masyarakat. (mk)

Bagikan