Menu Close

Kampung Terendam Air , Warga Perbaiki Tanggul Bersama TNI / POLRI

Demak- Rumah warga desa lempuyang Wonosalam terendam air akibat sungai desa Lempuyang yang jebol karena terkikis luapan arus sungai, Rabu (08/1). Debit air yang terus meningkat karena guyuran hujan sejak Selasa lalu, menjadikan tanggul tidak mampu menahan dorongan air. Warga Setempat dibantu aparat TNI, POLRI bergerak cepat untuk menahan luapan air yang tumpah kejalan hingga menggenangi rumah penduduk dengan memperkuat tanggul.

Lagkah awal dengan mengisi karung dengan tanah untuk menambal kerusakan tanggul. Dengan cara menyusun karung karung yang di isi tanah dan di patok dengan bambu untuk mencegah longsor dan berfungsi memperkuat tanggul yang selama ini sebagai penopang penahan air agar tidak masuk ke pemukiman warga.
Penutupan tanggul membutuhkan waktu lama karena tanggul yang jebol sepanjang kurang lebih 200 meter sehingga diperlukan jumlah karung yang banyak untuk diisi tanah. Akibat kerusakan tanggul yang jebol ini mengakibatkan banyak perumahan warga yang terendam air sedangkan tanggul dan jalan beton tertutup lumpur.

Danramil 03/Wonosalam Kapten Karmadi mengungkapkan, ”Hari ini dilakukan gotong royong untuk memperbaiki tanggul yang rusak agar limpasan air dari sungai tidak meluas lagi di wilayah pemukiman” jelasnya.

Sementara itu Suhadi warga Setempat yang tempatnya turut terendam air akibat luapan sungai menyampaikan, ” air sungai sebelumnya sudah terlihat sejajar dengan tanggul namun karena gerusan air terus mengikis tanah sehingga tanggul menjadi rapuh hingga ambrol kemudian airpun tumpah kejalan dan masuk pemukiman yang tanahnya lebih rendah dari jalan”.

Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa serta kerugian yang tidak banyak. Semoga setelah diperbaiki, tanggul yang ada ini bisa memberi manfaatan dan ketenangan kepada warga. Sekaligus bisa menjadi pencegah agar air di sungai tak meluap dan menggenangi pemukiman warga,” harap Suhadi.(mtf)

Bagikan