Menu Close

Canangkan Satgas Jogo Kali Untuk Antisipasi Bencana

DEMAK – Apel gelar pasukan kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana alam dilaksanakan di Alun alun Simpang enam, kamis (9/1). Apel siaga diikuti oleh satgas bencana dari unsur TNI, POLRI, BPBD, RELAWAN PMI,TAGANA dengan mengerahkan sarana perlengkapanya. Dalam amanatnya Bupati Demak HM. Natsir selaku pimpinan apel meyampaikan, ” salah satu tujuan dibentuknya satgas ini untuk saling meningkatkankan koordinasi lintas sektoral dalam menghadapi bencana, sebab Demak rawan dengan banjir karena berada di daerah hilir. Apalagi dibulan januari curah hujan cukup tinggi dan beresiko terjadi banjir”. Namun sebelum di laksanakan Apel Pasukan, Bupati melakukan pemeriksaan perlengkapan dan peralatan penunjang tugas satgas meliputi perahu karet, kendaraan evakuasi, dan roda dua untuk tim reaksi cepat.

Adapun pencanangan satgas tanggap bencana diawali penyerahan alat tanggap darurat kepada satgas ‘Jogo Kali’ Demak berupa 1000 karung dari Kapolres Demak, 6 unit gergaji mesin dari APINDO dan 100 batang bambu dari Nasmoco Demak. Pencanangan satgas Jogo Kali oleh Kapolres AKBP. R. Fidelis Purna T, dalam sambutan pengarahanya mengatakan, ” dengan dicanangkanya Satgas bencana Jogo Kali merupakan bukti kita sudah siap dalam menghadapi bencana yang datang. Namun demikian semoga saja untuk wilayah Demak terhindar dari segala bencana”.
” Selanjutnya saya menghimbau untuk para pemangku wilayah Camat, Lurah/ Kades, Ketua RT/RW untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap tanggap bencana. Sehingga bisa mengeliminir resiko bencana” jelasnya. Satgas Jogo Kali juga tersedia diaplikasi yang dapat didownload siapapun untuk memberikan lapora kejadian bencana, sedangkan untuk call centre tekan angka 110. (kominfo)

Bagikan