Menu Close

HOAX, Unggahan Video Bencana Banjir Desa Wilalung Demak

DEMAK – Terkait menyebarnya postingan video di whatshap tentang derasnya aliran air yang menerjang daerah pemukiman, yang disertai tulisan desa wilalung Demak perlu ditegaskan bahwa berita tersebut hoax dan tidak bisa dipertanggung jawabkan. Dalam video yang berdurasi 29 detik selain memvisualkan derasnya air menerjang beberapa rumah disertai suara dzikir dan teriakan penghuni rumah tersebut tidak terjadi di wilayah Kabupaten Demak.

Habib warga setempat mengatakan debit air di Bendungan Wilalung hari Rabu ini mengalami penurunan. Sebelumnya hari Selasa (7/1) debit air mencapai 375m3/detik.
Justru pada Minggu kemarin debit air di Bendungan Wilalung agak meninggi namun masih relatif aman apalagi saat ini sudah menurun , Rabu (8/1).

Video yang telah viral di whatshap 3 hari ini dibantah oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Demak Agus LP ” Begitu video tersebut diunggah kami selaku BPBD langsung terjun kelapangan untuk pemantauan dilokasi dan tidak terjadi apa apa, meskipun debit air meninggi di bendung Wilalung”
” Video yang meresahkan warga ini sengaja dibuat oleh kreator yang tidak bertanggung jawab dengan menyertakan tulisan desa Wilalung dalam tayanganya. Dan sekali lagi bencana tersebut tidak terjadi di kota wali, ini adalah berita hoax” tegasnya. (kominfo)

Bagikan