Menu Close

Gubernur Tinjau Lokasi Banjir di Guntur Demak

DEMAK – Gubernur jawa tengah Ganjar Pranowo bersama rombongan meninjau lokasi banjir akibat tanggul jebol di desa Trimulyo Guntur Demak, Senin (13/1). Kedatangan gubernur disambut oleh Bupati Demak HM Natsir. Dalam kunjunganya tersebut selain memberikan bantuan, Gubernur juga memerintahkan untuk membentuk tim jogo kali yang bertugas mengawasi kondisi sungai dan tanggul. Menurutnya tanggul yang berfungsi untuk menahan air sangat rawan apabila warga tidak memahami kondisi tanggul. “Maka fungsi tanggul ini jangan diotak-atik untuk apapun. Jangan ditanami, jangan bikin pintu air dan jangan ngambil air dengan membuat gorong-gorong atau saluran dengan pipa dengan melobangi tangguk . Karena begitu ini dilakukan maka rentan jebol jika curah air hujan tinggi debit air meningkat akan langsung dihajar” kata Gubernur. Adapun tugas tim jogo kali salah satunya melakukan patroli, bila menemukan kegiatan tersebut oleh masyarakat harus diperingatkan tambahnya.

Sementara itu Bupati HM Natsir yang mendampingi gubernur saat berada diatas tanggul menyampaikan, guna melakukan pengurukan tanggul telah tersedia alat berat berupa bego yang berjumlah 7 unit. Yang berasal dari PT. Abipraya bantuan kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diinstruksikan untuk membantu daerah daerah yang mengalami bencana. Hal ini guna mempercepat proses pengurukan dan pemadatan, dikhawatirkan bila tidak cepat terselesaikan aliran debit air yang tinggi akan lewat kembali mengingat intensitas hujan masih tinggi.

Dalam kesempatan tersebut rombongan pejabat ini juga mengunjungi tenda tenda pengungsi yang berada di atas tanggul, untuk melihat kondisi para pengungsi yanh sudah 5 hari berada di tenda. Meskipun posko pengungsian sudah disediakan dibeberapa lokasi, namun mereka tetap bertahan di dalam tenda dengan alasan dekat dengan rumah dan sewaktu waktu dapat menengok rumah yang ditinggalkan. ( kominfo)

Bagikan