Menu Close

Desa Mulyorejo Go Green Demi Menjaga Kelestarian Bumi

Demak- Menyusul program Penanaman Sejuta Pohon yang dicanangkan Kapolda Jawa Tengah pada tahun 2020 serentak di seluruh Jajaran Kepolisian Jawa Tengah. Maka untuk setiap polsek yag ada di wilayah kecamatan akan menanam 5.000 pohon secara merata. Tangung jawab menjaga lingkungan bukan hanya aparat pemerintah namun juga masyarakat agar ikut serta menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam supaya cepat tumbuh besar dimana manfaatnya bisa dirasakan oleh semua kalangan.

Desa Mulyorejo merespon program penghijauan dengan gerakan ‘desa Mulyorejo Go Green’ dalam hal ini
Pemerintah desa mulyorejo mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan. Gerakan ini dimulai dengan penanaman pohon mahoni, pohon ketanjung dan jenis tanaman buah.

Pada kesempatan tersebut kades Mulyorejo, Sekdes,  Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan seluruh staf perangkat desa mulyorejo dan masyarakat “Kita lakukan penyelamatan bumi , menjaga kelestarian alam melalui kegiatan Pemdes peduli penghijauan. Dan kegiatan saat ini awali di lingkungan Samping penampungan air dengan menanam pepohonan,” ujar kades mulyorejo H. Sutarman, Sip.
Adapun pohon yang ditanam di antaranya pohon buah, mahoni, ketanjung hingga tanaman keras. Gerakan penghijauan ini dipastikan tidak hanya dilakukan di mulyorejo namun juga desa lain karena Penghijauan ini penting dilakukan guna menangani langsung, polusi udara juga krisis lingkungan.

Sertu Mahmudin anggota koramil Demak menyampaikan Penanaman pohon memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan dampak lainnya
“Jika tanaman buah, bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor/erosi. Intinya jika pohon kita sayangi maka lingkungan pun akan sayang kepada kita”.
“Selain itu kita masih berkoordinasi lagi dengan instansi lain seperti dinas lingkungan hidup dan lainnya untuk meminta bantuan tanaman untuk di tanam di wilayah desa mulyorejo pada umumnya” jelasnya.

Belajar dari pengalaman  banyaknya bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan, maka pemerinrah desa mulyorejo dan babinsa, bhabinkamtibmas sepakat peduli untuk menata kembali lingkungan salah satunya dengan penghijauan di lingkungan rumah, kantor, dan lingkungan lainnya.(kominfo)

Bagikan