Menu Close

Mahasiswa Tanam Jambu Kristal dibantu Relawan Tagana dan TNI

Demak-Mahasiswa peserta KKN dari UIN Walisongo Semarang bersama relawan TAGANA(Tanggap Bencana) lakukan penghijauan dengan menanam pohon jambu kristal Minggu (26/1) di desa Jragung. Kegiatan positif peduli alam ini juga dibantu anggota TNI dari Koramil Karangawen sertu Masrokinmahasiswa di sepanjang jalan Dukuh Delik Rt 01 sampai dengan Rt 11 RW 14 Desa setempat.

Dengan dipilihnya tanaman berbuah karena pertumbuhannya cepat dan berkarakter rindang, nantinya juga untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan serta mengurangi efek dari pemanasan global. Tujuan penanaman pohon berbuah ini dalam jangka panjang adalah warga akan menikmati dari buahnya untuk dijual oleh pemilik tanah, selain itu, juga untuk mengisi ruang terbuka hijau, sehingga warga lebih peduli, mereka mau memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada di sekitar mereka.

“Penanaman pohon Jambu Kristal dan yang lainnya juga sebagai penyeimbang alam. Selain itu bisa mengurangi erosi yang diakibatkan oleh tergerusnya tanah karena kurangnya pepohonan sehingga dapat menimbulkan bencana banjir. Dengan banyaknya pohon maka struktur tanah akan semakin padat dan akar pohon dapat menyerap air. Sehingga bahaya bencana tanah longsor maupun banjir dapat diminimalisir,” jelas Sertu Masrokin. ( kominfo/Pendim)

Bagikan