Menu Close

Hindari Bullying dan Bijak Dalam Bermedsos

DEMAK – Maraknya penggunaan aplikasi media sosial sebagai alat komunikasi terkadang disalah gunakan pemakainya. Disadari atau tidak pengguna melakukan bullying terhadap orang lain meskipun bersifat candaan. Macam-macam bentuk bullying, fisik, verbal dan Cyberbullying yakni memberikan komentar kasar, mengancaman, mempermalukan, melecehkan sehingga menyakiti korban dengan kalimat ataupun gambar yang diposting di internet atau media sosial. Terkait hal ini Dinas Kominfo Demak turut mensosialisasikan melalui medsos untuk menghindari bullying di masyarakat.

Kadinas Kominfo Demak Endah Cahyarini berpesan agar para ASN dan masyarakat pengguna media sosial dapat berhati hati dan lebih bijak dalam berkomunikadi di medsos. “Sehubungan dengan bully dalam bentuk penghinaan yang dilakukan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram maupun aplikasi pesan instan seperti BBM, Whatsapp, dan lainya ancaman hukuman dapat mengacu pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik”.
” Dan pada prinsipnya, tindakan yang menujukkan penghinaan terhadap orang lain tercermin dalam Pasal 27 ayat (3) UU ITE.
Adapun ancaman pidana bagi mereka yang memenuhi unsur dalam Pasal 27 ayat (3) adalah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1 miliar” tambahnya, saat ditemui diruang kerjanya seusai apel pagi Senin (27/1). (kominfo)

Bagikan