Menu Close

Intranet dan Internet di Setda Lumpuh Akibat Jaringan Listrik Rusak

Demak – Padamnya aliran listrik di area Gedung B Setda Kabupaten Demak mengakibatkan jaringan intranet dan internet tergangu. Kejadian sejak Senin (10/2) sore hingga Selasa ini belum bisa di perbaiki. Kabag Umum Setda Demak H. Anang Ruhyat, AP. M.Ap menjelaskan bahwa kerusakan yang terjadi sedang dalam perbaikan karena ada jaringan listrik yang rusak, hingga mengakibatkan matinya arus listrik.
“karena aliran listri Sedang diperbaiki kami mohon maaf atas kejadian ini, Kita memiliki genset, namun jika yang rusak jaringan listriknya ya percuma saja sebab genset pun tidak mampu” .

Akibat matinya listrik di gedung B Setda , jaringan intranet dan internet termasuk wifi terganggu, dijelaskan oleh kasi Jaringan pada Dinkominfo Bimo Ajar Sumowono, bahwa dengan matinya server dan pada NOC akibat matinya listrik seluruh jaringan intranet Demak terganngu.
“ Terganggunya penggunaan intranet karena masih dalam proses perbaikan jaringan kelistrikan di NOC , Jika jaringan listrik sudah normal maka internet dan wifi akan kembali normal”.

Lebih lanjut Bimo menjelaskan, NOC adalah tempat atau ruang untuk server sehingga jika server-server kehabisan daya maka akan mati. Power cadangan sebenarnya Sudah disediakan seperti UPS di dalam NOC , namun karena jangka waktu matinya listrik hingga melebihi kekuatan UPS tersebut maka daya UPS semakin melemah dan tidak mampu menghidupi server, sehingga server mati. Sesaat kemudian setelah diperbaiki Aliran listrik kembali normal sehingga jaringam internet bisa digunakan kembali. ( kominfo)

Bagikan