Menu Close

Pemberdayaan Nelayan Demak melalui Pengembangan Diversifikasi Usaha Nelayan

Demak-Dinas Kelautan dan Perikanan Kab.Demak mengadakan kegiatan pemberdayaan nelayan di Balai Desa Morodemak Kecamatan Bonang hari ini Rabu 19 Februari 2020. Acara ini dihadiri oleh Bupati Demak, Wakil Bupati Demak, Sekretaris Demak, Direktur Perizinan dan Kenelayanan Dirjen Perikanan Tangkap KPP Dr.Ir.Ridwan Mulyana, MT beserta Kasubdit Usaha Nelayan, Kepala Dinlutkan beserta jajarannya, Senior Vice President PT.Bank BRI (Persero) Tbk, Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai (P#) Morodemak, Camat Bonang, Kepala BBPI Semarang, Kapolsek Bonang, Koramil 02 Bonang, Ketua LKMD Morodemak, dan Ketua Kader Pemberdayaan Masyarakat Ds.Morodemak.
Kurang lebih 110 orang peserta yang terdiri dari 60 orang nelayan dan 50 orang wanita nelayan (wanel) mengikuti kegiatan ini. Pemberdayaan nelayan Demak ini dilakukan melalui program pengembangan diversifikasi usaha nelayan. Tujuannya adalah menumbuhkan jiwa kewirausahaan untuk nelayan dengan cara pengelolaan keuangan yang baik, cara merawat dan memperbaiki mesin kapal perikanan, informasi terkait dengan sertifikasi keterampilan penanganan ikan (SKPI) serta penguatan kelembagaan bagaimana membentuk koperasi.
“Untuk wanel mereka akan dilatih bagaimana mengembangkan diri menjadi wanita nelayan yang lebih produktif dengan memberikan keterampilan pengolahan produk perikanan sampai dengan cara pengemasan yang baik agar bisa dijual”, demikian dijelaskan oleh Kadinlutkan Kab.Demak.
Selain peningkatan keterampilan dan wawasan melalui bimbingan teknis, nelayan dan keluarganya juga mendapatkan bantuan alat pendukung usaha, seperti alat penangkap ikan (API), set kunci perbaikan mesin kapal perikanan, cool box, freezer, Sealer, dan alat penunjang pengolahan produk perikanan.(rny/kominfo)

Bagikan