Menu Close

Komitmen Bersama Untuk Layanan Pengaduan

Demak-Rakor Sosialisasi dan Penandatangan Komitmen Bersama Sistem Pelaporan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aplikasi Pengaduan Online Rakyat  ( SP4N Lapor ) dengan sebutan “Hallo Demak”. Dilaksanakan di Gedung Gradhika Bhakti praja,Selasa( 3/3). Rakor yang di buka oleh Bupati H M Natsir di hadiri oleh 114 undangan terdiri para sekretaris dinas, sekcam, Lurah dan admin OPD. Hadir serta Wabup Djoko Sutanto, Sekda Singgih Setyono dan para Asisten Sekda. Nara sumber dari KemenPan RB Edwin Fauzi Irmandini.
Ka dinas Kominfo Endah Cahyarini dalam laporanya mengatakan, “SP4N Lapor dibentuk dengan tujuan agar penyelenggara pemerintahan dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat tepat tuntas dan terkoordinasi dengan baik, memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik” papar Endah.
“Saat ini aplikasi ini telah terhubung dengan 34 kementrian, 98 lembaga 384 pemerintah Kabupaten, 89 pemerintah kota dan 34 Provinsi ” lanjutnya.

Disampaikan pula bahwa hasil rekomendasi dari Kemenpan RB untuk kabupaten Demak tahun 2019 tersebut, Perlu meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dan menyusun Rencana aksi di tahun 2020 dengan menyiapkan beberapa rencana aksi Komitmen, Sosialisasi, Evaluasi dan Inovasi.
Sementara Sekda Singgih Setyono dalam pengarahanya menyampaikan pentingnya 5 tuntutan Pelanggan masa kini meliputi Cepat, Mudah, Murah, berkwalitas dan Dekat. ” kenapa masih banyak warga yang lapor, ya karena ada yang belum terpenuhi. Semakin ditunggu semakin banyak laporan dan aduan masyarakat. Menyikapi hal ini maka OPD harus bersiap diri khususnya OPD yang memiliki layanan publik. Jangan sampai menunda pekerjaan dan jangan terjebak di zona nyaman apalagi punya penyakit malas dan menunda pekerjaan” tegas Sekda.

Seluruh hadirin yang diawali oleh Bupati HM. Natsir, Sekda , Asisten , Sekdin OPD dan sekcam serta lurah secara bergiliran membubuhkan tanda tangan sebagai bukti komitmen bersama dalam melayani permasalan publik melalui SP4N LAPOR atau HALO DEMAK.( tim kreatif)

Bagikan