Menu Close

Kaji Terap Pemutakhiran Aplikasi e-planning di Bappeda Batang

BATANG – Dinas Kominfo Demak bersama Bappeda dan OPD lain lakukan Kaji Terap implementasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 Tentang Klasifikasi, kodefikasi, dan nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan keuangan daerah di Pemkab Batang. Pemerintah Kabupaten Demak melalui lintas OPD yakni Bappeda, Dindikbud, Dinputaru, Dinperkim, Bagian Kesra, BPKPAD dan Dinkominfo melakukan pengkajian aplikasi e-planning terbaru.
Rombongan berjumlah 20 orang dipimpin oleh Ka. Bidang Penyusunan Program dan Litbang Bappeda Demak Masbahatun Niammah yang biasa disapa Ninik, diterima oleh Asep Dwi Nugroho selaku Ka. Sub. Bid. Perencanaan Pembangunan Kabupaten Batang di ruang pertemuan Bappeda setempat Selasa (3/3).
Menurut Asep bahwa penerapan Permendagri tersebut tertuang dalam aplikasi e-planning yang sudah terupdate dan ada beberapa fitur yang berbeda dari versi sebelumnya. “Seluruh pemerintahan kabupaten / kota di Indonesia harus sudah mengentri data perencanaan pembangungan di aplikasi e-planning terbaru tahun 2020 untuk dilaksanakan pada tahun 2021. Untuk itu mari kita kaji bersama aplikasi e-planning ini agar kita mudah untuk melakukan entri data secara tepat/” Jelasnya.
Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan paparan, sharing dan tanya jawab terkait aplikasi e-planning terbaru. Dimana ada perbedaan dengan versi lama yang masih mengacu pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.
Di akhir sesi rombongan menyatakan cukup jelas dari pengkajian tersebut dan siap untuk menerepkan aplikasi e-planning terbaru di Kabupaten Demak. “Sesulit apapun atau suka atau tidak suka kami harus menerapkan aplikasi e-planning terbaru ini, Oleh sebab itu kami akan selalu melakukan konsultasi jika menemui kesulitan, karena bagaimana pun aplikasi e-planning ini kami adopsi dari Kabupaten Batang.” Pungkas Ninik. (mk)

Bagikan