Menu Close

JATENG GUNAKAN JARING PENGAMAN SOSIAL UNTUK MENGHADAPI PANDEMI COVID-19

Demak – Selasa 31 Maret 2020 bertempat di Ruang Comand Center Pemkab Demak telah diadakan Video Conference antara Pemkab Demak dengan Plt. Sekda Prop. Jateng. Kegiatan Vidcon dipimpin langsung oleh Plt. Sekda Prov Jateng, Heru Setiadhi dengan arahannya menyangkut Jaring Pengaman Sosial dalam menghadapi pandemi covid-19 di Jawa Tengah. Sedangkan dari Pemkab Demak dihadiri oleh Kepala Dinkes, Kepala Dinkominfo, Kepala BPKPAD, Kepala DinsosP2PA, Kepala Bappeda Litbang, Kepala DinpermadesP2KB, Kepala Dindikbud dan Kepala Dinpertan Pangan.

Dalam arahannya, Plt. Sekda Provinsi Jawa Tengah menyampaikan beberapa hal diantaranya :

  1. Dalam melengkapi kebutuhan Alat Perlindungan Diri (APD) melibatkan Balai Latihan Kerja (BKL) dan Dinnakerin untuk membuat baju APD yang rata-rata berupa Cover All ( Astronot ), yang penting tidak tembus air. APD ini nantinya akan dibagi untuk dokter-dokter dan tenaga medis yang bersinggungan dengan penanggulangan Covid-19 dalam kategori Pasien Dalam Pengawasan (PDP).
  2. Telah disediakan sumber dana dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Non Fisik yang bisa direalokasi.
  3. Dalam menyusun rancangan APBD Prov, Daerah ikut menskenariokan Rumah Sakit untuk menyediakan ruang isolasi walaupun belum standar paling tidak sudah disiapkan dahulu.
  4. Hasil vidcon antara Presiden dan Gubernur, menghimbau kepada masyarakat agar tidak berpolemik terhadap maraknya Orang Dalam Pengawasan (ODP) dini.
  5. Pemerintah Kabupaten agar memberikan ketenangan kepada warga perantauan terhadap situasi saat ini, karena masih dibahas ditingkat nasional.
  6. Setiap pendatang wajib didata dengan lengkap seperti :
  7. Diyakini tentang kesehatannya
  8. Mendayagunakan kades dan jajarannya untuk ikut mendata pendatang dan tracking yang telah dilakukan.

(adk_kominfo)

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *