Menu Close

Masyarakat Tetap Donor Darah, Stok Darah Masih Cukup

DEMAK – Pengaruh adanya Covid-19 ketersedian darah di PMI Kabupaten Demak masih cukup, tercatat   hingga Selasa, 31 Maret 2020 di PMI sebanyak 17 kolf (AB), 2 kolf (O), 7 kolf (B) dan 13 kolf (A) namun upaya untuk menambah stok darah terus dilakukan. “Hari ini Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Demak berada di Kecamatan Mijen melakukan pengambilan darah dari para pendonor”, Ujar Kepala Markas PMI Ade Heriyanto.

 

Pengambilan darah dilakukan setiap hari oleh tim UDD PMI, meskipun hasilnya tidak sebanyak seperti hari-hari biasanya, namun sekedar untuk menjaga stok darah cukup. Jika pada hari biasa UDD bisa mendapatkan darah antara 30-45 kolf  namun sekarang hanya 15-20 kolf. “Kami berharap masyarakat untuk bisa berdonor, karena sangat dibutuhkan masyarakat, apalagi saat sekarang ini” harap Kepala Markas.

 

Pada saat pengambilan darah, protocol kesehatan tetap ditaati oleh petugas PMI maupun pendonor seperti cuci tangan, tes suhu badan, menjaga jarak aman, petugas menggunakan masker sehingga tidak terjadi penularan virus. Markas PMI tetap buka sesuai jam kerja (07.30 s.d 20.00 WIB) silahkan  pendonor bisa hadir di PMI Demak Jl. Bhayangkara Baru No 3 Demak (Sebelah RSUD Suka). Telp. 024 685307. (wid_kominfo).

Bagikan