Menu Close

MENPAN RB KELUARKAN NOMOR 36 TAHUN 2020 TENTANG LARANGAN MUDIK BAGI ASN

Demak-Pada hari Senin tanggal 30 Maret 2020 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik Bagi Aparatur Sipil Negara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Dasar dari pembuatan Surat Edaran adalah Keputusan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia yang menyatakan bahwa status keadaan tertentu darurat bencana berlaku sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Dilansir dari republika.co.id disampaikan, Tjahjo menilai tidak mudiknya para ASN dan keluarga akan membantu mengurangi resiko Covid-19 yang disebabkan oleh mobilitas manusia dari satu wilayah ke wilayah lainnya di Indonesia. Tjahjo mengatakan “ASN dan keluarganya dapat berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia dengan mengajak masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya”.

Secara ringkas kami sampaikan isi dari SE MenpanRB adalah :

  1. Larangan PNS untuk mudik atau bepergian ke luar daerah,
  2. Pejabat Pembina Kepegawaian memastikan ASN di lingkungannya tidak melakukan poin no.1,
  3. ASN mengajak masyarakat untuk : tidak mudik waktu lebaran atau waktu lainnya, melakukan aktifitas dalam jarak aman, membantu masyarakat disekitarnya yang terdampak, melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), menginformasikan Hal Yang Benar Tentang Covid-19.

(AGP_Kominfo)

Bagikan