Menu Close

Pembatasan Sosial Berskala Besar Mempercepat Penanganan COVID-19 Menurut PP No.21 Tahun 2020

KOMINFO – Semakin meluasnya tingkat penyebaran virus corona di Indonesia berdampak pada aspek politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, dan kesejahteraan masyarakat. Dampak ini mengakibatkan terjadinya keadaan tertentu sehingga perlu dilakukan upaya penanggulangan salah satunya pembatasan sosial berskala besar. Menyikapi hal ini, pemerintah menerbitkan PP No.21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Pembatasan sosial berskala besar yang dimaksud di sini adalah pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi covid-19 sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran covid-19.
Pembatasan sosial berskala besar ini meliputi peliburan sekolah atau tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan pendidikan, produktivitas kerja, ibadah penduduk dan dengan memperhatikan pemenuhan kebutuhan dasar penduduk. Pembatasan ini juga termasuk pembatasan terhadap pergerakan orang dan atau barang untuk satu provinsi atau kabupaten/kota untuk mencegah penyebaran covid-19 ini.
Kebijakan ini diselenggarakan secara berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dengan memperhatikan pertimbangan Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan persetujuan dari Menteri Kesehatan. (rny/kominfo)

Bagikan