Menu Close

Trik Tetap Produktif Saat Tidak Mengajar Di Kelas

Demak- (1/4) Bercocok tanam di laborat alam sekolah, berjemur sambil berolah raga, itu yang dilakukan para guru SMP Negeri 3 Mranggen Kabupaten Demak, Jateng. Upaya untuk tetap produktif dan menjaga kesehatan ditengah suasana pandemi covid-19 yang melanda.  Mereka tetap bekerja di sekolah dengan mengikuti protokoler pencegahan covid19 meskipun tidak mengajar di kelas karena siswa belajar di rumah.

Kepala Sekolah Sri Tutik Cahyaningsih mengatakan  “kegiatan selingan ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mengisi waktu di sekolah karena siswa belajar di rumah,  menjaga kesehatan dan kebugaran, sehat pikir dan sehat raga,  memotivasi untuk tetap semangat, dan memberi manfaat bagi lingkungan. Dengan adanya fenomena covid, tidak menyurutkan semangat guru dalam bekerja dan menjaga kesehatan”. Lebih lanjut bliau mengatakan “Kami melakukan rapat dinas tidak di ruangan, namun di kebun sambil bercocok-tanam, sambil, olahraga, berjemur, di halaman belakang laboratorium sekolah, ujarnya di sela-sela kegiatan”.

Berdasarkan surat edaran Bupati Demak nomor 440.1/5 tahun 2020 tanggal 16 Maret 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Demak Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan Pendidikan  tetap masuk kerja melaksanakan tugas sesuai ketentuan. Namun demikian siswa tetap belajar di rumah masing-masing, sehingga kegiatan belajar mengajar tidak dilakukan di kelas, melainkan melalui media lain/ daring. Ketentuan siswa belajar di rumah yang semula berakhir 31 Maret 2020 diperpanjang hingga 13 April 2020 sesuai SE Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak nomor 420/0878/2020 tentang Layanan Penyelenggaraan Pendidikan Jenjang SD dan SMP Kabupaten Demak terkait upaya pencegahan, penularan dan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Demak. (wid-kominfo)

Bagikan