Menu Close

Cegah Covid-19, Lakukan Pemeriksaan Warga yang Pulang Mudik

Demak- Anggota TNI dan Polri dari Koramil dan Polsek Karangawen dibantu aparat desa Tlogorejo mendata serta memantau Orang Dalam Pengawasan ( ODP ) di salah satu rumah warga yang baru pulang mudik dari Kalimantan Barat , Kamis (2/4) guna antisipasi penularan wabah covid-19. Menyusul imbauan pemerintah pusat maupun daerah pada masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan masih ada masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan tersebut. Sehingga pihak pemerintah kabupaten menerapkan strategi dalam antisipasi penularan virus yang terbawa oleh pemudik. Salah satunya menyediakan bilik penyemprotan disinfektan dan fasilitas pemeriksaan gratis di terminal. Selain itu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan kooperatif turut mengawasi dan melaporkan apabila ada warga yang mudik pulang dari perantauan.

Langkah sigap aparat desa dengan dibantu TNI /Polri sangat tepat, namun hendaknya ada dukungan kooperatif warga pemudik untuk melapor. Menurut Sertu Bambang ada 1 warga binaanya yang bernama Ahmad Afif warga Tlogogedong RT 2/4 Desa Tlogorejo yang baru pulang dari Kalimantan Barat. “Kami lakukan pengecekan ini guna memastikan kesehatan warga yang baru tiba dari luar daerah atau luar negeri, sebab langkah ini untuk menentukan status mereka sehat atau kurang sehat, khususnya dimasa pandemi covid-19, apakah terpapar virus corona atau tidak “, ucapnya.

“Pendataan dan pemantauan ini sangat penting dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona, apabila ada masyarakat yang baru tiba dari luar daerah dapat dilakukan pemantauan dan dianjurkan mengisolasi mandiri selama 14 hari di rumah”.
“Bagi warga yang baru datang harap segera melapor kepada perangkat desa setempat maupun Babinsa agar segera dilakukan tes kesehatan oleh tim medis” jelasnya.(rudy)

Bagikan