Menu Close

Sekda Demak Lakukan Vidcon Dengan Kemendagri Bersama Prov, Kab / Kota Se- Jawa dan Sumatera

Demak- Rapat virtual melalui Video conference anatara Pejabat Kemendagri dengan Sekda Provinsi, Kabupaten/ kota se Jawa dan Sumatera dipimpin langsung oleh Plt. Sekjen Kemendagri Dr. Ir. Muhammad Hudori, M.Si langsung dari gedung kementrian dalam negeri diJakarta. Sekretaris Daerah kabupaten Demak Singgih Setyono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Gufrin Heru P, para Assisten Sekda dan kadinas kominfo melakukan vidcon tersebut di gedung Grhadika Bhakti Praja pukul 13.00 wib, Jumat (3/4).

Dalam vidcon tersebut Plt. Sekjen menyampaikan arahan dalam pelakasanaan penanganan covid-19 hingga penggunaan Anggaran daerah, antara lain
Implementasi permendagri no 20 tahun 2020 digunakan khusus dalam rangka percepatan penanganan covid 19 dan menyangkut pengelolaan keuangan daerah dimana harus cepat, tepat dan terukur. Kemudian Secara implementatif dapat mengoptimalkan belanja tidak terduga, namun bila tidak mencukupi agar bisa dijadwalkan ulang tanpa harus mendapat persetujuan DPRD.

Selanjutnya Sekjen mengarahkan Dalam Pengelolaan Anggaran agar dapat disusun program prioritas yang meliputi :
Penyediaan sarpras kesehatan, Penyediaan fasilitas kesehatan dan Merekrut tenaga kesehatan medis yang potensial tetapi tetap diberikan pelatihan dan SOP. Kangkah selanjutnya Dilakukan penyemprotan desinfektan, Penyewaan tempat singgah untuk pasien dalam pengawasan serta Pemeriksaan lab bagi masyarakat yang terjangkit covid.

Sekjen juga menekankan untuk terus melakukan koordinasi dengan forkopimda dan tokoh masyarakat, dalam hal imbauan masyarakat untuk tidak mudik dan lakukan isolasi mandiri yang sudah terlanjur mudik dan masuk daftar sebagai ODP. Pemkab menyiapkan tempat karantina kesehatan , Memberikan arahan secara berjenjang sampai ke desa dan Memastikan kebutuhan sembako di masing-masing daerah tercukupi. Serta
Memastikan industri dan dunia usaha tetap berjalan dengan melaksanakan protokol kesehatan.( Andy/ kominfo)

Bagikan