Menu Close

Kepedulian Desa Sangat Dibutuhkan Saat Kondisi Darurat Corona

Demak, Senin 6 April 2020

Demak– Rapat Koordinasi Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 dengan para camat dan sebagian Kepala Bagian Sekretaris Daerah Kabupaten Demak yang dipimpin langsung oleh Bupati dengan di damping Wakil Bupati dan Sekda membahas tentang antisipasi penyebaran Covid-19 sebagai langkah preventif agar masyarakat yang ada di desa tidak terpapar virus corona yang diakibatkan oleh adanya pekerja migran dan urban yang pulang kampung.

Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, dr. Singgih Setyono, MKes sebagai juru bicara Satuan Gugus Tugas Covid -19 menyampaikan beberapa hal yang mesti dilakukan oleh para camat untuk disampaikan kepada semua Kepala Desa yang ada di wilayahnya agar betul-betul mengikuti instruksi dari Kabupaten. Para Camat juga diminta untuk terus melakukan penguatan pengawasan  di masing- masing wilayahnya. Adapun instruksi dari Kabupaten adalah sebagai berikut :

  1. Para Kades/Lurah agar melakukan screening/mendata segala informasi terhadap setiap pendatang baik itu pekerja urban, pekerja migran dan melakukan pencatatan yang baik dan terdokumentasikan.
  2. Mengunakan dana desa untuk kegiatan pengawasan dan penanganan covid-19 agar dibicarakan dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dengan catatan tetap menggunakan prosedur yg benar dan jangan sampai fiktif atau mark up.
  3. Menyediakan APD berupa masker untuk masyarakat yang sangat membutuhkan.
  4. Mensosialisasikan woro-woro dan pengumuman yg sudah disiapkan oleh Satuan Tugas Covid-19 Pemkab Demak untuk di edarkan dimasyarakat dan disampaikan melalui berbagai media yg ada.

Instruksi ini harus dilaksanakan secara ketat agar dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Demak. Selain itu juga wajib menerapkan protocol isolasi mandiri bagi para pendatang. (AGP_Kominfo)

Bagikan