Menu Close

Cegah Penyebaran Covid-19, Tunaikan Zakat Fitrah Lebih Awal

Demak-Pelaksanaan zakat fitrah untuk tahun ini akan sedikit berbeda. Pasalnya, masyarakat sedang dilanda wabah COVID-19 yang diprediksi masih akan berlangsung selama bulan Ramadan bahkan sampai Idul Fitri atau sekitar bulan mei 2020. Oleh karena itu, sehubungan dengan hal ini Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada umat muslim melalui SE Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020, agar melakukan beberapa hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pembayaran zakat :
⦁ Membayarkan zakat hartanya segera sebelum puasa ramadan sehingga bisa terdistribusi kepada mustahik lebih cepat.
⦁ Organisasi Pengelola Zakat meminimalkan pengumpulan zakat melalui kontak fisik, tatap muka secara langsung, atau membuka gerai di tempat keramaian. Pembayaran zakat akan dilakukan melalui layanan jemput zakat dan transfer layanan perbankan. Metode penyaluran zakat lewat tukar kupon juga tidak dianjurkan. Sebaliknya, zakat akan disalurkan secara langsung kepada mustahik.
⦁ Masyarakat juga diminta untuk menggunakan masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyerahkan zakat di lingkungan tempat pengumpulan zakat.
⦁ Ruangan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan dan pencatatan zakat juga harus dibersihkan secara rutin.
⦁ Panitia pengumpul zakat fitrah meminimalkan kontak fisik langsung seperti berjabat tangan ketika menyerahkan zakat dengan tetap menggunakan Alat Pelindung Diri, menyediakan sarana cuci tangan seperti sabun dan tisu dilingkungan tempat pengumpulan zakat.
Pemerintah mengharap kepada semua masyarakat dalam menjalankan ibadah Ramadan dan Syawal, seyogyanya masing-masing pihak turut mendorong, menciptakan, dan menjaga kondusifitas kehidupan keberagamaan dengan tetap mengedepankan ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyariyah. Selain itu juga tetap senantiasa memperhatikan instruksi Pemerintah Pusat dan Daerah setempat, terkait pencegahan dan penanganan penyebaran Covid-19.(AGP_kominfo)

Bagikan