Menu Close

Pemerintah Luncurkan Kartu Pra Kerja

Demak-Pemerintah menyiapkan program Kartu Pra Kerja untuk masyarakat yang terdampak virus Corona (COVID-19), seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) dan mereka yang kesulitan mencari kerja. Program ini rencananya diluncurkan Kamis (9/4/2020).
Peluncuran kartu ini merupakan tindak lanjut Perpres No.36 Tahun 2020 tentang pengembangan kompetensi kerja melalui kartu pra kerja yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo 26 Februari 2020.
Bagi masyarakat yang ingin mendaftar dan mendapatkan informasi mengenai kartu pra kerja dapat mengakses melalui online di di https://prakerja.go.id, atau menghubungi dinas tenaga kerja di kabupaten/kota masing masing sesuai domisili, dan setelah terkomfirmasi menjadi penerima manfaat (hasil seleksi komite cipta kerja) dapat meneruskan untuk memilih pelatihan pada https://prakerja.kemnaker.go.id/. Untuk pendaftaran semua calon diminta membuat akun di akun https://kemnaker.go.id/.
Untuk wilayah Jawa Tengah bagi korban ter PHK dan dirumahkan yang belum terdata pada perusahaan masing masing bisa mengisi melalui Handphone atau komputer masing masing di https://disnakertrans.jatengprov.go.id/Daftarkartuprakerja dan akan direkap oleh Disnaker Provinsi untuk dikirimkan ke Pusat unt disampaikan kepada komite cipta Kerja yang selanjunya akan diseleksi. Keputusan penerima manfaat sepenuhnya ada pada tugas dan tanggung jawab pada komite cipta kejar.
Mengenai syarat atau kriteria pesertanya, yaitu merupakan WNI berusia minimal 18 tahun, tidak sedang menjalani pendidikan formal.
Dengan fasilitas kartu pra kerja masyarakat akan mendapatlkan pendidikan 4 bulan, Program Kartu Pra Kerja ini untuk 5,6 juta peserta dengan total anggaran Rp 20 triliun. Selama pandemi corona, peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 3.550.000 per orang, rinciannya adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.(hck/kominfo)

Bagikan