Menu Close

Penyamaan Persepsi Tugas dan Fungsi Kominfo Tentang Pencegahan Covid 19 Tingkat Jawa Tengah

Demak- Kegiatan Video Conference antara Kominfo Provinsi Jawa Tengah dengan semua Kepala Dinkominfo Kabupaten/Kota se Jawa Tengah yang di pimpin langsung oleh kepala Kominfo Jateng  Riena Retnaningrum, SH berlangsung pada hari kamis tanggal 9 April 2020 dimulai jam 09.00 sampai jam 12.30 dengan pembagian area waktu per ex karesidenan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi penanganan Covid -19 di Jawa Tengah yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika. Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Kepala Dinkominfo Provinsi Jawa Tengah diantaranya,  sosialisasi covid-19 harus dilakukan secara masif, kebijakan refocussing anggaran dari Gubernur Jawa Tengah, sinkronisasai data antara Dinkes dan Kominfo, web corona antara Provinsi dan Kabupaten/Kota agar terintegrasi dan perkiraan puncak corona pada tanggal 15 juni sehingga harus ada upaya untuk melandai-kan kurva orang yang terpapar corona dan semoga cepat berlalu.

Tugas Kominfo men-sosialisasikan lewat berbagai media cetak , radio dan sosial media, penghimbauan tentang rencana Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)  dan mengimbau agar tidak mudik. Untuk para pendatang bisa menggunakan aplikasi siaga mudik, dan harus masuk tempat karantina 14 hari. Sosialisi tentang penggunaan masker agar tidak mengunakan masker medis, tetapi mengunakan masker kain. Hal lain yang ditekankan adalah adanya himbauan dari Gubernur Jawa Tengah agar Bisnis terus berjalan, pinjaman bank dan lessing harus mendapatkan keringanan.

Dalam kesempatan Video Conference tersebut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak, Dra. Endah Cahya Rini, MM melaporkan kepada Kepala Dinkominfi Provinsi Jawa Tengah  bahwa di Kabupaten Demak Posco Gugus Tugas berda di Command Center 24 jam , pintu masuk pemudik dan santri ada 3 (tiga) titik yaitu Pemudik yaitu di terminal, RSUD Sultan Fatah Karangawen dan Gedung KONI  dan semua di screening kesehatannya dengan total pemudik 1883 orang.

Kabupaten Demak juga telah melakukan sosialisasi dengan Pembuatan 800 MMT se Kabupaten Demak sampai ke desa, pembuatan pesan layanan masyarakat di radio dengan menggunakan 2 (dua) bahasa agar pesan bisa sampai dan mudah dimengerti. Untuk refocussing anggaran di Kabupaten Demak diambil dari SPPD semua OPD sebesar 30%. (rfk_kominfo)

Bagikan