Menu Close

Cegah Corona Desa Kedung Karang Bagikan 1.800 Masker pada Warga

Demak – Pemerintah Desa Kedungkarang kecamatan Wedung menindak lanjuti arahan dari Pemerintah kabupaten Demak dalam pencegahan Covid 19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan dari rumah ke rumah warga , dilakukan juga Penyuluhan/ sosialisasi dengan berkeliling desa serta pembagian masker untuk warga. Penyuluhan atau sosialisasi dilakukan perangkat desa dengan menggunakan mobil mengelilingi desa. Selain itu juga memasang media out door seperti banner di tempat tempat strategis.

Kepala desa Kedungkarang Muhibbi menyampaikan, upaya untuk pencegahan Covid 19 di desanya dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah kabupaten. Misalnya membiasakan cuci tangan , mandi setiap selesai beraktufitas diluar rumah, olahraga intensitas ringan ,makan bergizi sampai dengan penggunaan masker jika keluar rumah. Hal ini selalu dilakukan disetiap kesempatan jika ketemu warga
” Rutin dilakukan oleh perangkat yang berinisiatif untuk memberikan penyuluhan kepada warga dengan mobil secara keliling. Harapannya semua warga bisa menaati himbauan dari pemerintah untuk pencegahan Covid 19″ kata Muhibbi.

Selain memberikan penyuluhan keliling pemerintah desa Kedungkarang juga membagikan masker gratis kepada warga . Warga yang bepergian keluar rumah wajib menggunakan masker sesuai arahan Pemerintah. Desa telah membagikan masker sebanyak 1.800 lembar. Ia berharap masker tersebut digunakan warga yang keluar rumah baik yang sehat maupun yang sakit. Masker tersebut selain untuk keselamatan dirinya juga untuk orang lain.

Dana untuk pencegahan Covid 19 ini diambilkan dari Dana Desa sesuai dengan arahan pemerintah kabupaten. Dirinya berharap dengan upaya pencegahan ini desanya selamat dari Covid 19. Meskipun beberapa waktu yang lalu ada warganya meninggal karena penyakit liptopirosis dari kencing tikus. Sehingga desanya juga disemprot disinfektan untuk mematikan virus yang dibawa oleh tikus.

“Penggunaan dana desa untuk pencegahan Covid 19 ini kita selaraskan dengan petunjuk yang ada. Jika nanti ada arahan DD untuk Jaring Pengaman sosial kita juga akan laksanakan” tambah Muhibbi.( kominfo)

Bagikan