Menu Close

PILKADA 2020 DILAKSANAKAN  PADA BULAN DESEMBER

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah 2020 termasuk di Kabupaten Demak diundur hingga Desember mendatang. Pengunduran ini disepakati Komisi II DPR, Kementrian Dalam Negeri, KPU, Bawaslu dan DKPP pada rapat tanggal 14 April yang lalu disebabkan adanya pandemi corona yang terjadi saat ini.

Dari lansiran surat kabar online, nasional.kompas.co disampaikan sebagaimana tertulis dalam kesimpulan rapat kerja DPR dan Pemerintah “Komisi II DPR RI menyetujui usulan pemerintah terhadap penundaan pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak tahun 2020 menjadi tanggal 9 Desember 2020,” Sedianya KPU menunda beberapa tahapan Pilkada saja, namun jadwal pemilihan tetap pada 29 September 2020. Namun, karena perkembangan terkini pandemi virus corona, akhirnya diputuskan untuk menunda tanggal pemilihan pula.

Dalam surat Menteri Dalam Negeri Nomor 270/2931/SJ tanggal 21 April 2020, perihal pelaksanaan kegiatan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2020 dinyatakan bahwa sambil menunggu tindak lanjut kebijakan penundaan tahapan pemungutan suara pemilihan Kepala Daerah atau PILKADA Serentah Tahun 2020, Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten atau Kota yang telah menganggarkan pendanaan hibah kegiatan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota pada APBD TA 2020 tidak mengalihkan pendanaan hibahnya untuk kegiatan lainnya. (AGP_Kominfo)

Bagikan