Menu Close

BERTAMBAH JADI 15 ORANG POSITIF COVID-19 DI DEMAK

Demak- Jumlah warga dikabupaten Demak yang positif Covid terus bertambah. Dari data pantauan Covid-19 kabupaten Demak pada Jumat (1/5) pukul 19.00 wib tercatat 15 orang. Yang sebelumnya tercatat 14 orang, dari update terakhir disitus tersebut pada jumat petang bertambah 1 sehingga total positif Covid-19 menjadi 15 orang. Adapun rinciannya dirawat di Rumah Sakit Demak 2 orang, dirawat diluar Rumah Sakit Demak 2 orang dan 11 orang Isolasi dirumah.

Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP ) 30 orang, selesai pengawasan 25 orang dan pengawasan 5 orang. Untuk Orang Dalam Pemantauan ( ODP) 657 orang dengan keterangan 53 proses pemantauan dan 604 selesai pemantauan.

Menanggapi kondisi demikian, Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Demak, dr. Singgih Setyono menyampaikan, tim gugus tugas terus memantau perkembangan covid yang ada di Demak, termasuk memantau perkembangan kondisi dokter sebuah klinik di Mranggen. Kondisi yang bersangkutan tetap baik dan stabil. “Kondisinya yang bersangkutan baik dan stabil. Memang hasil lab positif,” ujarnya.

Penularan dari kontak

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak Guvrin Heru Putranto saat rakor bupati dengan para camat dan kades melalui Video conference menyampaikan, ” untuk positif covid tersebar dibeberapa kecamatan meliputi kecamatan Guntur 1 orang, Kecamatan Demak 3 orang, Bonang 1 orang, Mranggen 3 orang, Sayung 4 orang, Dempet 2 orang dan Mijen 1 orang”, jelas Guvrin.

Ditambahkan Guvrin bahwa Penularan covid terjadi karena adanya kontak orang perorang. Sehingga physical distancing atau jaga jarak sebagai upaya yang tepat untuk menghindari terjadinya kontak.
” Sebaiknya masyarakat betul betul memperhatikan imbauan pemerintah sehingga dapat mencegah penyebaran virus”, jelasnya.

Masih menurut Guvrin, untuk prosedur pemantauan Petugas kesehatan dipos screning wajib menggunakan APD, sedangkan pemudik sebelum diperiksa wajib memakai masker dan cuci tangan ditemoat yangbtelah disediakan. kemudian petugas melakukan pemeriksaan pada suhu badan dengan gun manometer. Bila ditemukan gejala yang menyerupai covid akan dilakukan tindakan lebih lanjut. Kendati demikian mereka akan dimintai identitas diri dan nomir telpon atau kontak mereka, dengan harapan apa bila terjadi sesuatu pada mereka dapat segera untuk dilakukan penanganan. ( rudy)

Bagikan