Menu Close

REVISI RTRW KABUPATEN DEMAK JADI, TANTANGAN MENANTI

Demak, 5 Mei 2020 – Bertempat di Gedung Grhadika Bina Praja Kabupaten Demak dilakukan sosialisasi Perda Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah di Kabupaten Demak Tahun 2011 – 203 yang dipimpin oleh Sekda Kab. Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes dan dihadiri oleh semua Kepala OPD Se Kabupaten Demak. Dalam kesempatan tersebut Sekda menyampaikan “Kabupaten Demak sebagai Kabupaten yang berada di Kawasan Stategis Nasional (KSN) Kedungsepur, perlu melakukan upaya dalam menghadapi pesatnya perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Salah satunya dengan melakukan Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Demak”.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan bahwa Kebijakan/Arah Pembangunan Kabupaten Demak adalah :

  1. PRO INVESTASI (Penyediaan kawasan peruntukan industri dari lahan yang tidak produktif).
  2. Mendukung peran sebagai PENYANGGA PANGAN PROVINSI JAWA TENGAH (peningkatan produktivitas tanaman pangan dan peningkatan infrastruktur pertanian).
  3. Pengembangan PEREKONOMIAN PERDESAAN DAN PERKOTAAN (pembangunan infrastruktur sampai ke pelosok desa).
  4. Pembangunan PARIWISATA (wisata pantai dan mangrove).
  5. Program PENGAMANAN PANTAI (dengan tanaman mangrove dan jalan sabuk pantai).
  6. Peningkatan RUANG TERBUKA HIJAU (RTH).
  7. PENURUNAN KEMISKINAN dengan penyerapan tenaga kerja.
  8. Pembangunan TERMINAL TIPE A.

Perjalanan revisi Perda tentang RTRW ini membutuhkan waktu yang sangat  panjang. Dimulai pada tahun 2014 dengan SK Bupati untuk melakukan peninjauan kembali atas Perda Nomor 6 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah di Kabupaten Demak sampai tahun 2020 dengan dilakukkannya evaluasi gubernur dan mendagri, akhirnya lahirlah Peraturan Daerah No. 1 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Demak Tahun 2011-2031.

Dengan adanya Perda terbaru tentang RTRW ini diharapkan tantangan di masa depan akan bisa terjawab, baik itu masalah ekonomi, alih fungsi lahan, banjir, rob, abrasi dan lain-lain sehingga Kabupaten Demak bisa lebih mensejahterakan masyarakatnya sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Demak. (AGP_kominfo)

Bagikan