Menu Close

PEMKAB DEMAK ADAKAN BIMTEK SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK (SIPP)

DEMAK-Guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, selasa dan rabu(12-13 April 2020) Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Demak mengadakan bimtek SIPP (Sistem Informasi Pelayanan Publik). Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kementerian PANRB), adalah penyediaan big data sebagai sumber segala informasi, terutama mengenai pelayanan publik.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Kabag Organisasi Tri Edy Utomo,AP,M,Si yang bertempat di ruang rapat staf ahli bupati, diikuti oleh semua admin OPD Se-Kabupaten Demak. Kabag Organisasi menyampaikan “diharapkan dengan aplikasi SIPP ini masyarakat akan lebih mudah untuk mencari informasi pelayanan yang ada di kabupaten demak dengan hanya membuka alamat website https://sipp.menpan.go.id/”.

 

SIPP adalah sistem informasi satu pintu yang memuat informasi pelayanan publik, Index Pelayanan Publik (IPP), Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dan Survei Reformasi Birokrasi (SRB) seluruh instansi pemerintah.

 

Kementerian PANRB melalui Kedeputian bidang Pelayanan Publik terus mendorong setiap instansi pemerintah agar menginput informasi pelayanan publik ke dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP). Kebijakan PermenPANRB No.13 Tahun 2017 tentang SIPP menjelaskan, SIPP adalah media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat.

Dasar hukum dari SIPP adalah UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan PermenPANRB Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Sistem Informasi Pelayanan Publik. Penyediaan informasi pelayanan publik adalah untuk memberikan aksesibilitas kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik dan menjamin keakuratan informasi pelayanan publik.(hck_kominfo)

Bagikan