Menu Close

ROB SAYUNG MULAI MERUSAK JALAN DEMAK – SEMARANG

Demak- Istilah Rob memang sangat akrab menyapa telinga kita, terlebih kita tinggal di dataran rendah yang berbatasan langsung dengan laut/pesisir. Rob adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Banyak dampak kerusakan akibat Rob salah satunya rusaknya jalan setelah tergenangi oleh Rob. (Rabu, 13 Mei 2020) jalan yang berlubang berdiameter cukup besar membuat sejumlah antrian kendaraan terlihat pagi ini di jalan raya Demak-Semarang tepatnya di depan PT HIT Sayung, Demak, Jawa Tengah.

Sayung merupakan salah satu wilayah pesisir di Kabupaten Demak yang letak geografisnya di Pantai Utara Jawa (Pantura) dan berhubungan langsung dengan Laut Jawa. Wilayah pesisir ini rawan terhadap bahaya banjir khususnya banjir yang disebabkan air laut pasang. Akibat dari banjir ini menyebabkan menurunnya fungsi lahan akibat tergenangnya permukaan air laut di saat pasang naik (rob) telah menyebabkan berbagai masalah di daerah tersebut.

Wilayah pesisir Sayung merupakan dataran rendah dengan topografi relatif datar, kurang dari 2%, elevasi 0 – 5 meter di atas permukaan air laut. Hal yang akan terjadi adalah timbulnya genangan air rob yang berasal dari masuknya air laut ke daratan karena fluktuasi pasang air laut. Distribusi genangan rob ini akan menimbulkan berbagai masalah karena akan tergenang di permukaan tanah selama beberapa waktu, salah satunya adalah jalan berlubang.

Warga berharap Pemerintah segera dapat memperbaiki jalan yang rusak karena rendaman air rob yang mulai melanda sejak bulan April sampai sekarang dan biasanya berlangsung sampai bulan Juni.(Yoda_kominfo)

Bagikan