Menu Close

Harkitnas, Sebagai Moment Percepat Era Digital Di Tengah Pandemi

DEMAK – Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) selalu diperingati setiap tanggal 20 Mei. Suasana berbeda terlihat pada peringatan Harkitnas Ke-112 tahun ini, karena Bangsa Indonesia masih dalam suasana pandemi Covid-19. Termasuk di Kabupaten Demak, peringatan Harkitnas tahun ini ditandai dengan mengikuti upacara bendera secara virtual yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang disiarkan secara streaming melalui http://komin.fo/Harkitnas2020.
Bertempat di ruang pertemuan, upacara peringatan Harkitnas secara virtual tersebut dilkuti oleh segenap karyawan / karyawati di lingkungan Dinas Kominfo Demak Rabu, (20/5) dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak dan memakai masker.
Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johnny G. Plate yang menjadi Pembina upacara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bangsa Indonesia saat ini menghadapi situasi pandemi Covid-19. Sejumlah daerah telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19. Pada saat yang sama Pemerintah telah dan sedang menyiapkan berbagai langkah untuk memastikan bahwa kebutuhan dasar masyarakat tetap dapat terpenuhi. “Protokol kesehatan tetap harus dijalankan sebagai pedoman penting dalam berinteraksi social, serta menjaga agar kepentingan rakyat secara khusus aspek ekonomi dan lapangan kerja tetap terjaga dan kita sebagai bangsa terpanggil untuk berkolaborasi memutus mata rantai penyebaran covid-19 agar masyarakat bangsa ini tidak terpapar semakin luas akibat pandemi covid-19, sekaligus tidak terkapar karena dampak ekonomi dan sosial.” Tambahnya.
Johnny G. Plate juga menegaskan bahwa makna lain dari peringatan Harikitnas di tengah pandemi covid-19 adalah dorongan percepatan memasuki era digital. “Mari kita manfaatkan ruang digital secara tepat dan bijak, katakan tidak pada segala jenis hoax, ujaran kebencian dan berbagai jenis penyalahgunaan ruang digital yang mencederai semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Kita isi ruang digital dengan hal-hal yang bermanfaat untuk kemajuan ekonomi. Kita rajut semangat bergotong-royong, solidaritas dan subsidiaritas untuk Indonesia maju.” Pungkasnya. (mk)

Bagikan