Menu Close

Dinkominfo Cek Perangkat IT Di PKBM

DEMAK – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) bersama Dinas Kominfo Kabupaten Demak melakukan kegiatan pengecekan peralatan IT di tiga Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) yang dilakukan secara marathon, yakni PKBM SKB Demak, Putra Bangsa dan Latansa. Tim yang melaksanakan tugas dilapangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Kamis (4/6).

Menurut ketua tim Suwito dari Dindikbud kegiatan bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan serta menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di bidang teknologi informasi (TIK). “Diperlukan sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar khususnya untuk peralatan IT, karena perkembangannya yang begitu cepat dan pesat. Kenyamanan juga akan dirasakan baik oleh peserta didik maupun pengajar selama proses pembelajaran”, jelasnya.

Pengecekan dilakukan oleh Kabid Informatika dan Persandian Dinas Kominfo Harso Gutomo beserta seorang staf. Pengecekan unit di mulai dari branding produk, spesifikasi dan sistem operasi yang digunakan oleh personal komputer (PC). Selain itu pengecekan juga dilakukan untuk perangkat-perangkat jaringan, sehingga semua perangkat benar-benar berfungsi dan siap untuk digunakan.

“Software atau perangkat lunak yang dipasang harus menyesuaikan dengan spesifikasi dari sebuah PC, sehingga performanya benar-benar sempurna ketika digunakan. Selain itu perlu perawatan berkala terutama untuk update software dan pembersihan atau scanning virus.’ Jelas Harso. (mk/ komifo)

Bagikan