Menu Close

Surat Keterangan Bebas Covid Hanya Bisa Dikeluarkan Oleh Dinas Kesehatan Atau RSUD Sunan Kalijaga

Demak – Salah satu syarat yang harus dikantongi warga ketika akan ke luar kota di masa pandemi covid-19 adalah Surat Keterangan Sehat Bebas Covid-19. Hal itu sesuai dengan Surat Edaran No.5 Tahun 2020 Gugus Tugas Percepatan Covid-19.
Di Kabupaten Demak sendiri untuk mendapatkan surat keterangan ini bisa diperoleh di Dinas Kesehatan dan RSUD Sunan Kalijaga, surat keterangan bebas covid ini tidak bisa dikeluarkan oleh Puskesmas.
“Sebelum mendapatkan surat keterangan bebas covid, terlebih dahulu warga yang bersangkutan harus melakukan rapid test. Rapid test ini bisa dilakukan di RSUD Sunan Kalijaga atau di laboratorium yang lain.
Kalau rapid test dilakukan di RSUD Sunan Kalijaga dan hasilnya tidak reaktif, warga bisa langsung mendapatkan Surat Keterangan Bebas Covid yang dimaksud.
Jika rapid test dilakukan Laboratorium lain, surat keterangan hasil pemeriksaan beserta rapid test-nya dibawa ke Dinas Kesehatan untuk disahkan dan dibuatkan surat jalan/surat sehat bebas covid-19”, demikian penjelasan dari Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, dr.Anggoro Karya Adisarsono via whatsapp kemarin Senin (8/6).
Akan tetapi lain cerita jika ternyata hasil rapid test warga menyatakan reaktif, maka selanjutnya warga tersebut akan didata dan diisolasi sambil menunggu hasil swab test berikutnya yang berfungsi untuk mengetahui positif covid atau tidak.
Untuk di Puskesmas hanya melayani permohonan surat keterangan sehat biasa, surat tersebut tidak menyatakan warga tersebut bebas covid.(rny/kominfo)

Bagikan